Cobain 3 Spot Unik Wisata Pantai di Pacitan ini, Dijamin Seru!

oleh -480 views

Pacitanku.com, DONOROJO – Banyaknya obyek wisata pantai di Pacitan membuat kabupaten yang merupakan tempat asal Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dijuluki negeri sejuta pantai. Namun diantara 67 pantai yang tersebar di Pacitan, ada tiga pantai unik dengan karakteristik yang khas, yang bisa Anda coba saat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Ocean Fluid Pantai Klayar

Seruling Samudera
Seruling Samudera Pantai Klayar Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)

Pantai Klayar yang terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo ini adalah satu-satunya pantai di Indonesia yang memiliki ciri khas seruling samudera (Ocean Fluid). Atraksi sempurna sensasi Seruling Samudera (blow pipe) yang bersembunyi di balik cekungan-cekungan tebing. Seruling samudera adalah sebuah tempat yang mirip dengan celah, berpadu dengan semburan air laut di celah – celah karang Klayar. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona.


Namun, jika Anda berkunjung ke kawasan seruling samudera, pastikan Anda meminta jasa pemandu untuk mengawal, sebab area ini adalah area berbahaya di Pantai Klayar.

Banyutibo Waterfall

Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Air Terjun Pantai Banyutibo adalah salah satu-satunya pantai di Jawa yang memiliki ciri khas air terjun yang jatuh ke laut. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan ini memiliki pemandangan khas pantai selatan yang sungguh elok. Meskipun cekungan pantainya lebih kecil dibandingkan pantai lainnya di Pacitan, namun pantai Banyutibo ini menawarkan pesona lain yang tak kalah dahsyat, yakni air terjun pinggir laut yang menakjubkan.

Banyak wisatawan yang saat berkunjung ke Pantai Banyutibo memanfaatkan meomen untuk mandi di bawah air terjun tersebut, yang konon katanya bisa membuat kepala lebih segar dan pusing-pusing di kepala hilang. Hal itu dikarenakan terpaan air terjun Pantai Banyutibo yang bisa memijat kepala Anda

Kerikil Putih Pidakan

Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone.
Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone.

Satu lagi spot unik wisata Pantai di Pacitan yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni sensasi kerikil Pantai Pidakan. Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material Pantainya sekitar 70 persen yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

Saat berkunjung ke Pantai yang terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini, Anda akan dimanjakan dengan bebatuan kerikil putih yang bisa digunakan untuk duduk sembari menikmati pantai.

Nah, itu dia tiga spot unik wisata pantai yang ada di Pacitan. Silahkan mencoba dan nikmati sensasinya. Jangan lupakan untuk selalu menjaga kebersihan obyek wisata Pantai ya, selamat menikmati. (RAPP002)