Tips Liburan Asyik dan Menyenangkan di Pacitan

oleh -132.483 views
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/richa dita)

Pacitanku.com, PACITAN – Liburan akhir tahun telah tiba. Kabupaten Pacitan adalah salah satu destinasi tujuan wisata menarik di Indonesia. Nah, untuk memanjakan liburan Anda, berikut Pacitanku.com berikan tips menarik agar liburan Anda aman, nyaman dan menyenangkan selama di Pacitan.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/Ganiss)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/Ganiss)

Yang pertama, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi saat ke Pacitan, pastikan kondisinya dalam keadaan prima. Hal itu dikarenakan Pacitan memiliki medan yang berbukit dengan jalan yang di beberapa titik cukup terjal, sehingga kondisi kendaraan sangat berpengaruh dan membutuhkan kondisi prima.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/salma zahrah)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/salma zahrah)

Selanjutnya, yang kedua, selama ini kita memahami bahwa saat berlibur pasti terbayang barang bawaan yang seabrek. Secara tidak langsung hal ini bisa jadi membuat anda terlalu berat dan ribet ketika harus membawa semua perlengkapan liburan anda. Jadi, lebih baik bawa saja barang dan perlengkapan pokok yang sekiranya memang diperlukan. Hal ini akan mempermudah dalam hal mobilitas anda selama berlibur.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/muham matt)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/muham matt)

Rekomendasi dari Pacitanku.com, beberapa barang yang bisa dibawa saat ke Pacitan adalah reusable bag, kamera/smartphone, misting dan tumbler dan bekal makanan secukupnya dari rumah. Adapun, reusable bag berguna agar saat belanja jadi menyenangkan dan tanpa plastik tambahan, kemudian smartphone berguna untuk mengabadikan momen asyik Anda selama di Pacitan. kemudian misting dan tumbler bisa digunakan agar meminimalisir sampah selama dalam perjalanan.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/pricilliani fany)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/pricilliani fany)

Tips Selanjutnya, memilih obyek wisata di Pacitan yang sesuai. Sebagaimana diketahui, Pacitan memiliki segudang obyek wisata yang menarik, seperti Pantai Klayar, Goa Gong dan Pantai Teleng Ria. Namun, saat liburan seperti ini, ketiga obyek wisata tersebut dipastikan penuh pengunjung, sehingga itu artinya ada kemungkinan kondisi macet di jalan tersebut sangat besar.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/salma zahrah)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/salma zahrah)

Seperti jalur menuju ke Goa Gong dan pantai Klayar misalnya, dipastikan momentum Liburan, terutama hari Sabtu dan Minggu padat pengunjung dan macet. Anda tetap masukkan list pantai dan goa keren tersebut ke dalam daftar liburan, tapi tak ada salahnya Anda memasukkan list tempat wisata lain di Pacitan yang tak kalah keren.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/risma AMB)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/risma AMB)

Nah, daripada Anda hanya menghabiskan waktu di perjalanan karena macet, Anda bisa alternatif obyek wisata lain, seperti pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Taman, Pantai Pidakan dan beberapa obyek wisata lain yang bisa menjadi alternatif liburan Anda. Semuanya sama kok, sama-sama indah dan mempesona.

Tips berikutnya, jangan lalai saat liburan sehingga mungkin bisa menghabiskan sebagian besar dari tabungan Anda. Misalnya, salah satu kebutuhan pokok ketika berlibur adalah perlunya mengisi perut alias makan. Memang manusia butuh makan untuk tetap hidup. Ketika anda liburan biasanya anda akan memilih membeli makanan di tempat-tempat makan yang ada disana.  Untuk yang satu ini jangan khawatir, karena semua obyek wisata di Pacitan dijamin murah meriah, tak ada yang sampai membuat kantong Anda kempes.




Selain itu, salah satu cara untuk menghemat biaya liburan adalah memanfaatkan adanya tawaran paket wisata. Ada banyak sekali paket-paket wisata. Dengan anda memanfaatkan ini, maka anda bisa mengehemat biaya perjalanan, penginapan dan obyek atau tempat wisata yang Anda inginkan. Di Pacitan sendiri banyak tawaran paket wisata, salah satunya adalah Travel Pacitanku. Bisa Anda coba.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/arikasuci)Selain itu, cara menekan biaya liburan adalah menginap di rumah saudara. Maka, manfaatkanlah hal tersebut, karena akan memangkas besar biaya untuk menginap. Namun Anda harus menjaga kesopanan dan memberitahukan sebelumnya bahwa anda akan menginap dirumah saudara anda tersebut.

Tips selanjutnya, pastikan sebelum pergi meninggalkan rumah segalanya telah aman. Seperti pintu dan jendela, listrik, gas dan sebagainya. Jangan meninggalkan listrik dalam kondisi hidup. Bila memungkinkan, Anda bisa menitipkan rumah kepada orang yang Anda percaya.

Kemudian, selanjutnya tips saat berada di obyek wisata, adalah jangan merusak fasilitas publik dan keindahan obyek wisata di Pacitan. keindahan obyek wisata di Pacitan akan tetap terjaga manakala Anda membantu menjaganya, seperti di Pantai Pidakan misalnya. Di pantai yang didominasi kerikil ini, jangan membawa kerikil ini untuk koleksi di rumah, ataupun, jangan pernah mencoret bebatuan di Goa Gong, Goa Tabuhan dan Pantai Klayar. Mainan pasir di Pantai Klayar atau Pantai Teleng Ria dipersilahkan, tapi jangan dicoreti bebatuan karangnya ya.

Tips berikutnya, jaga kesopanan dan kesantunan, baik selama perjalanan maupun saat di tempat wisata. Seperti misalnya, berkendara dengan biasa saja, jangan ngebut walaupun jalan protokol di Pacitan mirip dengan sirkuit balap, karena hal itu justru akan membahayakan Anda. Kemudian juga kesantunan dan kesopanan saat berada dan melewati kampung warga, silahkan menyapa warga, jika perlu, ajak warga setempat berfoto selfie dengan Anda.

Tips yang tak kalah penting, selalu waspada saat berada di obyek wisata di Pacitan, terutama pantai. Karena sebagaimana diketahui, pantai di Pacitan rata-rata memiliki ombak besar dan ganas, sehingga kewaspadaan adalah nomor satu. Jika berfoto jangan terlalu berada di garis berbahaya. Sebab banya korban sata berwisata berawal dari ketidakwaspadaan akan kondisi medan.

Di beberapa obyek wisata di Pacitan, sudah ada tim SAR, jangan sungkan, bertanyalah kepada mereka bagaimana titik-titik mana yang berbahaya. Untuk wisata sungai, pastikan Anda mengenakan pelampung.




Tips selanjutnya, tetap jaga kebersihan dan keindahan obyek wisata dengan membuang sampah pada tempatnya, atau jika tak ada tempat sampah, Anda kantongi dulu sampah yang Anda hasilkan sampai menemukan tempat sampah. Selain itu, lebih mantap lagi jika Anda turut menjadi tim Gerakan Pungut Sampah (GPS) di obyek wisata di Pacitan. Tenang, memunguti sampah di obyek wisata di Pacitan akan membuat Anda disebut sebagai pahlawan kebersihan.

Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/janudiazt)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/janudiazt)

Tips selanjutnya, abadikan momen Anda dengan kamera atau smartphone. Jika perlu buat video perjalanan wisata Anda, lalu kemudian upload ke media sosial, sembari memberikan keterangan keindahan obyek wisata. Dengan cara ini, Anda turut mempromosikan secara digital potensi dan obyek wisata di Pacitan.

Jika perlu lagi, tuliskan perjalanan Anda di status facebook, catatan facebook, atau blog Anda, dari mulai awal perjalanan, kisah unik di obyek wisata, hingga hal konyol. Kemudian tandai teman Anda di sosial media.

Nah, selamat berlibur dan menikmati keindahan panorama alam Pacitan saat liburan akhir tahun ini sahabat. (DPPP001)