Tak Ada Gugatan, KPU Resmi Tetapkan Indartato Sebagai Bupati Pacitan

oleh -284 views

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pacitan akhirnya secara resmi menetapkan Drs. H Indartato, MM sebagai bupati Pacitan periode 2016-2021. Indartato ditetapkan oleh KPU Pacitan bersama pasangannya Drs. H. Yudi Sumbogo dalam rapat pleno terbuka pasangan calon terpilih KPU Pacitan, Senin (21/12/2015) di Hotel Srikandi, Jalan Ahmad Yani, Pacitan.

Pembacaan penetapan Indartato-Yudi Sumbogo sebagai bupati dan wakil bupati terpilih tersebut disampaikan oleh Ketua KPUD Pacitan, Damhudi, setelah sebelumnya tidak ada gugatan hasil Pilkada dari pihak lain setelah diberi jangka waktu tiga hari setelah rekapitulasi hasil suara pada pekan lalu.

“Berdasarkan Keputusan MK. No 119 / Pan. Mk / XII / 2015 sejak ditetapkan rekapitulasi tanggal 16 sampai dengan 19 Desember 2015 tidak ada tuntutan ke MK, sehingga pada hari ini tanggal 21 Desember 2015 KPUD Pacitan menetapkan pasangan calon nomor 1 sebagai Pemenang dalam pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Pada Pilkada 2015 dan ditetapakan pada 21 Desember 2015,”jelasnya.


Pembacaan Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan KPU Nomor 53 / Kpts / KPU – Kab – 041.329826 / 2015 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Walik Bupati Pacitan. Adapun hasilnya sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com adalah untuk Indigo mendapatkan suara 217.278,  sedangkan pasangan Basudhewa mendapatkan suara 57.833.

Dalam kesempatan tersebut, Yudi Sumbogo selaku perwakilan dari paslon Indigo menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pilkada Pacitan 2015.

“Ini merupakan kemenangan kita bersama terutama kemenangan masyarakat Pacitan, kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Bambang Susanto dan Ibu Sri Retno Dhewanti atas partisipasi dalam pemilu kada Pacitan yang berlangsung aman dan damai, selaku pemenang pilkada Pacitan 2015 ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas berjalanya pilkada yang tertib, aman dan lancar,” papar mantan Dewan Pacitan ini.

Senada dengan Yudi, perwakilan paslon basudhewa, Suyoto menyampaikan ucapan terimakasih dan Pilkada ini merupakan kemenangan bersama. “Semoga dengan terpilihnya bupati Pacitan dapat mempercepat pembangunan di Kabupaten Pacitan, kami juga berharap untuk melaksanakan revolusi mental agar semua mendapat kemudahan dalam segala hal tanpa melanggar undang undang yang berlaku,” jelasnya.

Sesuai jadwal, selanjutnya akan dilakukan tahapan usulan pengangkatan calon terpilih yang akan disampaikan KPU ke lembaga DPRD. Selanjutnya, lembaga legislator akan meneruskan usulan tersebut ke gubernur dan Kemendagri sebagai dasar pelantikan calon terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, masa bakti 2016-2021. Semua tahapan lanjutan Pilkada tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 28 Desember mendatang.

Rapat pleno terbuka ini sendiri dihadiri sejumlah tokoh,diantaranya adalah para dari Komisioner KPUD Pacitan, Ketua Panwaslih Pacitan, Wakil Bupati Soedjono, Sekda Suko Wiyono, Wakil Bupati Terpilih Yudi Sumbogo, Wakapolres Pacitan Komisari Polisi Suharsono, Pasi Ops Kodim 0801 Pacitan Kapten Infanteri Arif W dan tim dari paslon Pilkada Pacitan. (RAPP002)

Keterangan Foto: Prosesi Sidang Pleno Terbuka KPU, Senin (21/12/2015). (Foto: KPU Pacitan)