Legowo Kalah, Basudhewa Siap Dukung Indartato 5 Tahun Mendatang

oleh -13831 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM – Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md (Basudhewa) mengaku legowo terhadap hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan yang digelar pada Rabu Pahing (9/12/2015) pekan lalu.

Sebagaimana melalui hasil sidang pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan di Gedung DPRD Pacitan, Rabu (16/12/2015) menetapkan bahwa pasangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan Drs. H. Indartato, MM- Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) menang telak dengan angka 217.278 suara (78,95 persen) berbanding 57.833 Suara (21,05 persen) untuk Basudhewa.

“Kami sudah berusaha maksimal meskipun pada akhirnya belum beruntung, dan kami juga siap mendukung calon terpilih dalam membangun Pacitan menjadi lebih baik dalam periode 5 tahun kedepan,” ujar Kabul, salah satu tim sukses Bashudewa.

Sebagaimana diketahui, agenda sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara dimulai pada Rabu pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Ketua KPU setempat, Damhudi menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen yang terlibat dalam proses terselenggaranya pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan tahun 2015.

“Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan pemerintah daerah atas fasilitasi dan dukunganya, Badan penyelenggara mulai dari PPK, PPS, KPPS serta PPDP atas kerjakerasnya, tokoh masyarakat dan Tokoh Agama atas support dan dukunganya, serta, pasangan calon dan tim pasangan calon atas kerjasamanya,” jelasnya.




Menurut Damhudi, berkat kerjasama yang solid seluruh tahapan pemilihan dapat terlaksana tanpa ada halangan, seluruh tahapan yang dilaksanakan oleh KPU hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Sementara, Kris, dari tim pemenangan Indigo menyampaikan bahwa masih ada sedikit catatan terkait pelaksanaan Pilkada. “Adapun catatan tersebut adalah terkait kebijakan KPU terhadap TPS dan jumlah pemilih yang harus menjadi perhatian lebih untuk pelaksanaan pemilu berikutnya,” tandasnya.

Adapun, dalam Pilkada kali ini, yang menjadi catatan adalah tingginya angka golput yang mencapai 40,2 persen. Bahkan angka golput untuk Pilkada 2015 ini adalah angka paling tinggi dibandingkan Pilkada dan Pemilu yang digelar sejak tahun 2010.

Selain itu, Pilkada kali ini juga didominasi pemilih perempuan yang mencapai 238.414 jiwa atay 62,24 persen. Catatan lain selama Pilkada adalah pemilih dengan disabilitas yang menggunakan hak pilih sebanyak  42 Jiwa.

Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Indigo ini mendapatkan nomor urut satu.

Sementara pasangan kedua adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md, yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN). (RAPP002)