Dapat DID Rp 40 M, Bupati akan Gunakan untuk Bangun Infrastuktur

oleh -13705 views
Jalan rusak di Tokawi (Sumber foto : RRI)
Jalan rusak di Tokawi (Sumber foto : RRI)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan baru saja menerima penghargaan dana insentif daerah (DID) award yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (14/12/2015) kemarin.

Sesuai petunjuk Presiden untuk segera melakukan langkah penyerapan anggaran, dana insentif daerah sebesar Rp 40 milyar yang diberikan untuk Pacitan segera akan digunakan untuk fokus membangun infrastuktur.

Menurut Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM dalam keterangannya usai menerima penghargaan, dana insentif yang diberikan tersebut akan digunakan untuk fokus peningkatan infrastruktur. “Antara lain berupa perbaikan sarana jalan pedesaan, penyempurnaan sejumkah jembatan, maupun sarana lain di sekitar pemukiman,” tandasnya, Selasa (15/12/2015), dilansir dari laman SKPD Pacitan.

DID sendiri adalah Dana Intensif Daerah dari Dirjen Perimbangan Daerah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diberikan setelah daerah tersebut mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah.

Raihan opini WTP dari BPK Republik Indonesia tersebut setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2014.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, guna mendapatkan pelaporan akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah, Pemkab Pacitan menimba ilmu kepada kalangan akademisi seperti UGM Yogyakarta dan UNS Surakarta.

“Semangat kebersamaan yang dilandasi ketepatan waktu dan kedisplinan menjadi kunci keberhasilan ini, belajar dari penilaian tahun-tahun sebelumnya, Pemkab terus melakukan penyempurnaan pada model pelaporan, guna mendapatkan pelaporan akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, persoalan infrastuktur  masih menjadi persoalan serius yang harus diselesaikan oleh Pemkab Pacitan. Pasalnya, dari total jalan di Pacitan sepanjang 798 km, baru sekitar 435,76 km atau 54,61 persen yang bagus. (RAPP002)