Serapan APBD di 4 SKPD Pemkab Pacitan Masih Minim

oleh -13824 views

Pacitanku.com, PACITAN – Tiga pekan jelang akhir tahun 2015, sebanyak empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan masih minim dalam penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Setkab Pacitan, Sigid Aji Mardani dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini mengatakan bahwa empat SKPD yang masih minim penyerapan APBD tersebut adalah Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun),‎ Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (Distanak) dan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA).

“Sejumlah satuan kerja tersebut, realisasi serapan APBD masih dibawah 60 persen, sedangkan SKPD lainnya, rata-rata diatas 60 persen. Dinas-dinas teknis lain yang semula masih rendah serapan belanjanya, namun seiring banyaknya proyek-proyek fisik yang sudah selesai, prosentasenya menjadi meningkat,” jelasnya.


Selain itu, Sigid juga menyampaikan bahwa hingga saat ini, realisasi belanja APBD posisi tanggal 27 November lalu, baru menyentuh angka 70,24 persen. Meski begitu, serapan APBD di kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa tersebut menduduki peringkat teratas Nasional. “Akan tetapi secara nasional, realisasi APBD kita masuk peringkat teratas. Sedangkan Jawa-Timur peringkat empat nasional, yaitu 63,7 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sigid mengungkapkan bahwa serapan APBD Pacitan juga menyalip rata-rata Jawa-Timur yang baru menyentuh level 53 persen. Menurut mantan Kabag SDA itu, belum optimalnya serapan belanja APBD dikarenakan masih banyaknya proyek-proyek fisik konstruksi yang masih berproses.

“Karena itu kita mengimbau kepada pihak pelaksana kegiatan agar memperhatikan ketentuan jadwal waktu penyelesaian pekerjaan. Sehingga kita berharap, sebelum tutup tahun nanti serapan APBD bisa mencapai 90 persen lebih,” pungkasnya. (yun/net/RAPP002)