Suara Pesawat Tempur Bisingkan Langit Pacitan, ini Sumbernya

oleh -741 views
Ilustrasi pesawat tempur

Pacitanku.com, PACITAN – Beberapa malam terakhir, langit di sekitar Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul, DI Yogyakarta sangat bising dengan suara pesawat-pesawat yang memecah keheningan malam. Sebenarnya sedang apa pesawat-pesawat malam tersebut membuat suasana hening menjadi bising?

Penelusuran Pacitanku.com, Kamis (10/12), hal itu dikarenakan banyak jet tempur milik TNI AU sedang latihan bermanuver dalam rangka persiapan Adisutjipto Air Force Open Base pada tanggal 19-20 Desember 2015 di DI Yogyakarta.

Sebagaimana dilansir laman KR Jogja, pada event tersebut sejumlah pesawat tempur canggih akan dipamerkan, termasuk akan diterbangkan mengelilingi langit Jogja. Pesawat yang akan terlibat dalam acara Adisutjipto Air Force Open Base ini antara lain pesawat Sukhoi, pesawat T50, F16 dan pesawat Pegasus.

Dengan kondisi tersebut, pihak TNI meminta maaf jika sedikit terganggu dengan suara dari pesawat-pesawat tempur ini. Bukannya pesawat tersebut mau bertempur melainkan akan berunjuk kebolehan bermanuver dalam acara Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015. “Karena itu kami mohon maaf kepada masyarakat kalau terganggu dengan suara pesawat-pesawat tempur ini,” ujar Kapentak Adisutjipto, Mayor Sus Hamdi Londong.


Sementara, Komandan Lanud Adisujtipto, Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, mengundang masyarakat untuk melihat pesawat baru TNI AU yang akan dipamerkan. Bahkan jika beruntung akan diberi kesempatan untuk terbang joy flight keliling Yogya.

Sebagai informasi, Adisutjipto Air Force Open Base atau Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015 ini untuk memperingati HUT ke-70 Sekbang TNI AU dipusatkan di Lanud Adisutjipto, dengan beragam acara teramat menarik diantaranya, demo Jupiters Aerobatik Team, demo udara pesawat Heli (Pegasus), fly past pesawat grob, fly past pesawat FASI, statik show pesawat tempur, pesawat heli, pesawat latih TNI AU, terjun payung, drumband taruna AAU, otomotif gahering, bazar otomotif.

“Kegiatan yang dipersembahkan untuk masyarakat umum ini semua bersifat gratis,” ujar Kol (Pnb) Azhar Adhitama  sebagai Ketua Panitia Gebyar Dirgantara Yogyakarta.

Hanya saja untuk lomba (JRFR) Jupiter Runway Fun Run yaitu lari di landasan dengan sensasi dibawah pesawat yang sedang dan akan mendarat, peserta dipunggut kontribusi 50 ribu dan sudah termasuk kaos dan minuman. JRFR merupakan lomba yang belum pernah ada di Indonesia, jadi lomba JRFR kali ini merupakan lomba yang pertama kali di adakan di Indonesia, menariknya peserta bisa foto di bawah pesawat yang sedang ‘take off‘ maupun ‘landing‘. (RAPP002)