Adipura Kencana Diterima Tiga Kota di Indonesia

oleh -Dibaca 1.338 kali

Pacitanku.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan Adipura Kencana kepada tiga kota yaitu Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, dan Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Tentu harapan itu seluruh masyarakat di daerah masing-masing di kota dan kabupaten masing-masing karena mendapat Adipura maknanya adalah tingkat kehidupan, kebersihan, lingkungan dan fasilitas umum lainnya tentu lebih baik daripada sebelumnya,” kata JK dalam sambutan penghargaan Adipura di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin malam.

Menurut Wapres, kebersihan lingkungan memiliki makna yang luas dan kegunaan yang tinggi khususnya untuk kenyamanan, kehidupan dan kesejahteraan masyarakat di semua daerah. JK mengatakan ada anggapan yang keliru tentang kesehatan yang selalu dipamerkan dengan kualitas dan tenaga modern di rumah sakit. “Banyak daerah yang bangga dengan rumah sakit yang penuh, seakan-akan sudah berbuat banyak. Padahal daerah yang rumah sakitnya selalu penuh itu kebersihan lingkungannya jelek,” tegas JK.

Selain itu, keuntungan memiliki kota dan kabupaten yang bersih dan nyaman dapat meningkatkan pendapatan daerah melalui peningkatan pariwisata. “Setiap kota yang bersih dan memberi lingkungan yang baik pasti ramai dikunjungi orang. Pasti ada kunjungan tamu dari luar negeri dan turis ke kota yang bersih, daripada yang kotor. Berarti memberikan makna yang besar untuk ekonomi daerah,” kata Wapres.

Dalam acara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya turut mendampingi Wapres memberikan anugerah itu. Anugerah tersebut merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah dan dunia usaha yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup. Pemerintah telah menilai 357 kota dan ibukota kabupaten di seluruh Indonesia.

Sementara, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK Tuti Hendrawati Mintarsih, pemenang Adipura tersebut terbagi dalam empat kategori yaitu peraih Anugerah Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura. “Ini kami dapatkan dari hasil pantauan dan verifikasi terhadap 357 kota dan ibu kota kabupaten di seluruh Indonesia,” ujar Tuti usai sebuah konferensi pers di KLHK, Jakarta, Jumat.

Kategori Anugerah Adipura Kencana diberikan untuk kota yang kinerja pengelolaan lingkungannya di atas yang telah ditentukan (“beyond compliance”). Penghargaan ini akan diterima oleh tiga kota. Selanjutnya, ada 65 kota yang mendapatkan Anugerah Adipura. Kategori ini diberikan untuk kota yang pengelolaan lingkungannya memenuhi syarat Anugerah Adipura.

Sementara Sertifikat Adipura diterima oleh 69 kota. Kategori ini diberikan untuk kota yang mengalami kenaikan nilai Adipura yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya (“best effort”). Terakhir, Plakat Adipura diberikan kepada 17 kota. Penghargaan ini diserahkan untuk kota yang memiliki lokasi-lokasi terbaik, yaitu taman kota terbaik, pasar terbaik, terminal terbaik, hutan terbaik, hutan kota terbaik dan TPA (tempat pemrosesan akhir) sampah terbaik.

Ada pun selain pemberian penghargaan Adipura, Malam Anugerah Lingkungan 2015 juga ditandai dengan penyerahan penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper).  Penilaian Adipura KLHK menjelaskan bahwa pada tahun 2015, fokus utama penilaian adalah TPA sampah. Yang masuk kriteria layak diverifikasi adalah wilayah yang sudah menerapkan sistem lahan urugan yang terkontrol (“controlled landfill”). (RAPP002/Ant)