PMI Pacitan Gembleng Relawan Siap Tangani Bencana Alam

oleh -13728 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dalam rangka mempersiapkan tim untuk mengantisipasi bencana yang kerap terjadi di Pacitan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan jumbara siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) PMI Kabupaten Pacitan, Sabtu (24/10) dan Minggu (25/10) di Panggung Songgo Budoyo, kompleks Pantai Teleng Ria, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Menurut Ketua Panitia Sibat PMI Pacitan, Sugijopranoto, agenda ini bertujuan untuk memberikan bekal dan ketrampilan tentang penanggulangan bencana bagi masyarakat di daerah rawan bencana.

“Sesuai dengan program kerja pengurus PMI Pacitan tahun 2015 dan SK ketua PMI nomor 207/02.06.24/kep/pk/pmi/x/2015, tanggal 16 oktober 2015 tentang panitia jumbara sibat, kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan tenaga yang trampil dan siap siaga dalam antisipasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat,” katanya kepada Pacitanku.com, Sabtu (24/10/2015).

Lebih lanjut, Sugijopranoto menyampaikan bahwa agenda yang diikuti puluhan kader ini merupakan perwakilan desa di lima kecamatan di Kabupaten Pacitan. “Peserta terdiri dari desa Sirnoboyo kecamatan Pacitan, Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari, Desa Jeruk Kecamatan Bandar dan Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pacitan adalah salah satu daerah rawan bencana di Jawa Timur, sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta pihak terkait membutuhkan banyak relawan untuk membantu antisipasi bencana alam yang hampir terjadi di setiap musim di Pacitan. 

Liputan: Bambang Elpacitano

Editor: RAPP002