Semua Elemen Masyarakat Sepakat Usung Pilkada Pacitan Damai

oleh -13430 views
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada.

Pacitanku.com, PACITAN – Kurang lebih 57 hari jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan, jajaran forum Pimpinan Daerah (Forpinda), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih), menggelar koordinasi  dengan  menghadirkan Camat, kepala desa, Babinsa serta Babin Kamtibmas, Senin (12/10) di Pacitan.

Menurut Bupati Pacitan, Indartato, semua unsur mendukung pesta demokrasi ini sehingga tidak hanya lancar namun juga aman dan damai. Khusus kepada Jajaranya, Bupati Indartato menegaskan, PNS tidak boleh terlibat politik praktis. “Saya sangat mengapresiasi gagasan pertemuan ini karena  semua pihak bertanggungjawab menciptakan Pacitan yang damai,” ungkapnya, dilansir laman SKPD Pacitan.

Dalam agenda tersebut, para peserta rakor dibekali berbagai pengetahuan dan materi Pemilukada terutama menyangkut keamanan selama kampanye hingga selesai pencoblosan.

Sementara, Kapolres Pacitan AKBP Taryadi menyatakan, pihak kepolisian akan mengawal pemilihan bupati dan wakil bupati ini dengan baik. Selain kekuatan yang dimiliki, Polres Pacitan itu juga telah membentuk Satuan Tugas (satgas) pelaksana di lapangan. “Kita bentuk 6 satgas yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” ujarnya.

Senda dengan Taryadi, Komandam Distrik Militer (Dandim) Kodim 0801 Letkol Infanteri Yudi Dilianto menyatakan   mendukung penuh agenda demokrasi ini. Bahkan satuan baju loreng tersebut siap membantu keamanan dan kelancaran pemilukada jika diminta kepolisian. “Kita akan selalu siap jika diminta, namun saya tegaskan kepada anggota untuk tetap menjaga netralitas,” ujarnya.

Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Indigo ini mendapatkan nomor urut satu.

Sementara pasangan kedua adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md, yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN). Pilkada Pacitan sendiri akan digelar pada Rabu,  9 Desember mendatang. (RAPP002/Riz/SKPD)