KPU Pacitan Gelar Debat Publik Pilbup Malam Ini

oleh -13628 views
Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan di KPU. (Foto: KPU)
Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan di KPU. (Foto: KPU)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pacitan akan menggelar debat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pacitan sebanyak tiga kali. Rencananya, untuk debat perdana akan digelar pada Senin (28/9/2015) di Gedung PLUT Baleharjo, Pacitan.

“Bagi masyarakat Pacitan, saksikan Debat Publik atau Debat terbuka antar Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan. Nanti malam jam 20.00 di Pluut atau saksikan siaran langsungnya di JTV Pacitan,” kata Ketua KPUD Pacitan, Damhudi melalui laman facebooknya.

Dalam debat tersebut, KPUD Pacitan membatasi interaksi dengan publik, karena tidak akan ada interaksi dengan audien yang hadir diacara tersebut. Rencananya, duas pasang calon, yakni Indartato-Yudi Sumbogo (Indigo) dan Bambang Susanto-Sri Retno Dhewanti (Basudhewa) akan  saling melempar pertanyaan serta menjawab pertanyaan yang dilontarkan rivalnya dengan dimediatori seorang moderator.

“Benar atau tidaknya dari jawaban itu, publik yang akan menilai serta mengukur sejauh mana kemampuan masing-masing kontestan pemilu kepala daerah tersebut, kegiatan itu bukanlah dialog interaktif, hanya pasangan calon yang saling bertanya dan saling menjawab,” kata Damhudi.

Adapun, debat publik akan digelar sebanyak tiga kali hingga jelang pencoblosan 9 Desember mendatang. Debat publik perdana digelar Senin (28/9/2015), kemudian debat kedua akan digelar pada 26 Oktober dan debat publik terakhir akan digelar pada 25 November mendatang.

Sebagaimana diketahui, Pilbup Pacitan diikuti dua pasangan calon, masing-masing adalah Indigo dengan nomor urut satu yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Nasional Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Keadilan Sejahtera. Sementara nomor urut dua adalah Basudhewa yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Amanat Nasional. (RAPP002)