Penyanyi Dangdut Asal Tegalombo Ini Sumbang Warga Miskin Pacitan yang Belum Tersentuh Grindulu Mapan

oleh -101.593 views
Penyanyi dangdut Tyo Janez saat mengunjungi warga miskin di Pacitan. (Foto: Yun)
Penyanyi dangdut Tyo Janez saat mengunjungi warga miskin di Pacitan. (Foto: Yun)

Pacitanku.com, PACITAN – Jika terpilih kembali menjadi Bupati Pacitan pada periode tahun ini, Indartato sepertinya harus mendata ulang program Grindulu Mapan yang selama ini menjadi andalan dibidang pengentasan kemiskinan. Pasalnya, masih banyak warga Pacitan yang belum terdata program pengentasan ini, seperti yang dialami Sipon dan Bosirah, dua warga lanjut usia yang merupakan warga RT 02/RW 06, Plelen, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Sipon adalah wanita lanjut usia yang hidup tanpa anak tersebut selama ini luput dari program Grindulu Mapan. Padahal dirinya juga mengalami lumpuh dan gangguan penglihatan sejak usia muda. Sementara, Bosirah adalah warga miskin, namun masih memiliki sanak saudara, meski mereka juga berangkat dari keluarga kurang berada.

“Sejak dulu, Mbah Sipon memang hidup tanpa suami serta anak. Ia hanya berharap belas kasih dari tetangga dekatnya, nasib keduanya sama-sama miskin, dan belum tersentuh program pemerintah. Termasuk Grindulu Mapan, juga luput mendata keduanya,” ujar Nanang Anshori, Ketua RW setempat.

Lebih lanjut, Nanang menyampaikan bahwa sejak program-program anti kemiskinan digulirkan pemerintah, hanya sekali Sipon mendapatkan giliran bantuan, yaitu bedah rumah yang dilaksanakan Makodim 0801 Pacitan, sedangkan program-program lainnya belum pernah dirasakan. “Mbah Sipon juga belum tercover dalam program Grindulu Mapan yang dibesut Bupati Indartato,” tandasnya.

Didatangi Penyanyi Dangdut

Penyanyi dangdut Tyo Janez saat mengunjungi warga miskin di Pacitan. (Foto: Yun)
Penyanyi dangdut Tyo Janez saat mengunjungi warga miskin di Pacitan. (Foto: Yun)

Nasib kedua perempuan miskin lanjut usia itu memantik perhatian Tyo Janez, penyanyi dangdut asal Desa Gedangan, Tegalombo, yang sedang pulang kampung. Tyo pun akhirnya memberikan bantuan untuk sekedar meringankan beban ekonomi Sipon dan Bosirah. “Saya ingin berbagi dengan mereka, paling tidak, dengan bantuan ala kadarnya, bisa sedikit mengurangi beban mereka,” ujar Tyo yang bernama asli Tio Diksumarno ini.

Tyo juga berharap pemerintah lebih perhatian lagi pada mereka yang saat ini hidup dibawah garis kemiskinan seperti yang dialami dua nenek renta itu. ‎”Semoga ini awal yang baik dan bisa dilanjutkan pihak lainnya. Kami sangat berharap, kedepan akan ada pelaku dunia hiburan yang mau datang ke Pacitan dan berbagi dengan mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan,” tandasnya.

Sebagai informasi, Tyo Janez adalah penyanyi dangdut yang sedang merintis karir di dunia entertainment. Lagu-lagunya seperti Sport Jantung banyak diputar di radio di daerah, salah satunya di Pacitan. Selain penyanyi, Tyo juga merupakan artis pendatang baru yang pernah bermain di beberapa serial FTV dan sedang mempersiapkan proses film layar lebar, Matahari Tanah Rantau.  (RAPP002/yun).