Indartato Ajak Ciptakan Pilkada Kondusif, Bambang: Jangan Ada Dusta Diantara Kita

oleh -13618 views
Pasangan Cabup-Cawabup Pacitan usai rapat pleno penetapan nomor urut dari KPUD.
Pasangan Cabup-Cawabup Pacitan usai rapat pleno penetapan nomor urut dari KPUD.

Pacitanku.com, PACITAN – Dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan bersepakat untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan dengan damai. Komitmen tersebut disampaikan saat menggelar ikrar deklarasi Pilkada damai yang ditandatangani kedua calon usai pengambilan nomor urut, Senin (31/8/2015) di Gedung Serbaguna Kelurahan Ploso, Pacitan.

Calon Bupati petahana, Indartato menyampaikan bawa siapapun yang menang di Pilkada, semua pihak harus mendukung terciptanya suasana damai. “Siapapun nanti yang memenangi pesta demokrasi ini dan menjadi Bupati Pacitan, kita semua harus mendukung terciptanya suasana yang tetap damai dan kondusif. Semua demi Pacitan,” ujar Indartato saat menyampaiakn sambutannya.

Senada dengan Indartato, komitmen serupa disampaikan oleh calon Bupati Bambang Susanto. Selain menyatakan dukungan terhadap penyelenggaraan pilkada damai, Bambang yang berpasangan dengan Sri Retno Dhewanti juga sempat menyentil soal pentingnya komitmen kejujuran dari semua pasangan calon, termasuk masyarakat yang menjadi pendukung. “Jangan pernah ada dusta di antara kita. Mari wujudkan pilkada yang bersih, jujur dan bermartabat,” tandasnya.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pacitan, Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Taryadi menyambut baik ikrar deklarasi damai yang telah ditandatangani kedua pasangan calon. Ia memastikan seluruh tahapan pilkada mendapat pengamanan ketat dari aparat keamanan, khususnya jajaran kepolisian dengan dibantu jajaran TNI dari Kodim setempat.

Sejumlah pihak sempat mengkhawatirkan kelanjutan Pilkada Pacitan, menyusul gagalnya pelaksanaan pilkada Pacitan akibat berkas calon tidak lolos verifikasi. Namun, kekhawatiran itu terbantahkan setelah pasangan Bambang Susanto-Sri Retno Dhewanti memastikan hadir dan mengikuti setiap tahapan penetapan maupun pengundian nomor urut yang digelar KPU setempat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Indartato-Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapat nomor urut satu.

Sementara, calon penantang, Bambang Susanto-Sri Retno Dhewanti (Basudewa) yang diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hati Nurani (Hanura) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendapatkan nomor urut dua. (RAPP002)