Masyarakat Gendaran Akan Launchingkan Desa Akik Pacitan

oleh -131.194 views
Pardi saat membuat kerajinan batu mulia akik, selasa (20/1/2015). (Foto : DP/Dok.Pacitanku)
Pardi saat membuat kerajinan batu mulia akik, selasa (20/1/2015). (Foto : DP/Dok.Pacitanku)
Pardi saat membuat kerajinan batu mulia akik, selasa (20/1/2015). (Foto : DP/Dok.Pacitanku)
Pardi saat membuat kerajinan batu mulia akik, selasa (20/1/2015). (Foto : DP/Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebagai daerah penghasil utama batu mulia, Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo memiliki potensi batu mulai yang hingga sekarang masih bisa dinikmati. Untuk itu, masyarakat Desa Gendaran berencana akan meluncurkan desa akik Pacitan, Rabu (19/8/2015) mendatang.

Menurut Pardi, inisiator Desa Akik Pacitan, rencana launching desa akik tersebut sudah masuk dalam RPJMDes Gendaran, dan pada Rabu depan akan diluncurkan Grand Launching desa akik Pacitan di Gendaran.

“Sebagai informasi, Desa Gendaran sejak zaman dulu menjadi pusat akik Pacitan, baik produksinya hingga promosi dan penjualannya, bahkan akik disini suah menjadi identitas warga Gendaran, masyarakat sini sudah ibaratnya hidup dari batu akik, sehingga dengan alasan tersebut kami akan melaunchingkan Desa Akik Gendaran sebagai ibukota akik Pacitan,” ungkapnya dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Ahad (16/8/2015).

Lebih lanjut, Pardi yang memiliki home industry akik Pacitan ini mengungkapkan, saat ini lebih dari 60 KK di desa Gendaran yang sudah menjadikan akik sebagai penghasilan utama keluarga. “Dipastikan dengan adanya Desa Akik nanti, masyarakat Pacitan maupun wisatawan yang berkunjung kesini, bisa melihat kerajinan akik, lebih dari itu juga bisa menikmati proses produksi,”tandasnya.

Selain dari sisi pengembangan batu akik, Pardi juga menyampaikan bahwa momentum launching desa akik itu sebagai sarana edukasi warga dan para produsen akik di Gendaran.”Ya, saat ini mulai muncul benih-benih ketidakjujuran di kalangan penjual akik, yang saya dengar di Tangkluk juga ada, kualitas akik yang tidak terlalu bagus tapi dijual mahal, dan kita tidak ingin seperti itu, sehingga momentum launching desa wisata akik ini juga sebagai sarana edukasi untuk melatih kejujuran para pedagang akik di Gendaran,” jelasnya.

Imbas lain dari adanya desa wisata akik ini, Pardi juga menyampaikan ada efek lainnya yang bisa dihasilkan. “Selain akik juga ada muncul peluang bisnis lain, misalnya homestay untuk para wisatawan yang menginap disini, kemudian kuliner khas sini, dan efek positif lainnya yang intinya bisa menyejahterakan masyarakat sini,” tandasnya.

Dalam launching yang rencana akan digelar di Balai Desa Gendaran tersebut, imbuh Pardi, tujuan utama dari semangatnya adalah mengubah ekonomi masyarakat menjadi lebih sejahtera.”Rencananya kita akan mengundang Wakil Ketua DPRD Pak Mardiyanto, karena beliau yang selama ini mensupport pengembangan akik di Gendaran, selain itu juga para tokoh masyarakat setempat,” pungkasnya. (RAPP002)