Hari Pertama Belum Ada Pendaftar, KPB Alami Perpecahan?

oleh -13579 views
Rapat Pleno KPU Pacitan usai penutupan masa perpanjangan pendaftaran Pilkada Pacitan. (Foto: KPU)
Rapat Pleno KPU Pacitan usai penutupan masa perpanjangan pendaftaran Pilkada Pacitan. (Foto: KPU)
Rapat Pleno KPU Pacitan usai penutupan masa perpanjangan pendaftaran Pilkada Pacitan. (Foto: KPU)
Rapat Pleno KPU Pacitan usai penutupan masa perpanjangan pendaftaran Pilkada Pacitan. (Foto: KPU)

Pacitanku.com, PACITAN – Hari pertama perpanjangan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan, Ahad (9/8/2015) masih nihil pendaftar. Dengan demikian, masih ada dua hari tersisa pasangan penantang Indartato-Yudi Sumbogo (Indigo) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar Pilkada Pacitan tidak ditunda hingga dua tahun mendatang.

Ditengarai, belum adanya calon yang mendaftar akibat adanya kemungkinan perpecahan di tubuh Koalisi Pacitan Bersatu (KPB). Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura, Sutikno mengatakan seandainya Hanura tetap bergabung dengan PDIP sangat berpotensi memunculkan persoalan hukum.

“Ada pihak-pihak yang siap mempersoalkan, seandainya Hanura tetap bergabung dengan PDIP, namun kita tetap akan ambil bagian dalam proses pemilihan, kita tunggu saja setelah besok, sebab malam nanti (malam ini-red) masih ada rapat internal terkait persoalan itu,” ungkapnya, Ahad (9/8/2015) di Pacitan.

Sebelumnya, PDIP rencananya tidak akan menggandeng Golkar dan Gerindra dalam Pilkada Pacitan 2015. Hal ini ditegaskan Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari. Menurutnya, hal itu adalah buntut dari batalnya pendaftaran pasangan Suyatno-Effendi Budi Wirawan yang ditengarai akibat ketidakhadiran dua partai pengusung tersebut di kantor KPU Pacitan.

“Di Pacitan kita tidak mau sama yang kemarin (Golkar dan Gerindra). Kita ubah komposisi. Kita bicara dengan kawan PAN, Hanura, dan NasDem,” ungkapnya di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Surabaya, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, kabar mulai tidak solidnya KPB semakin kencang.  Kabar itu muncul pasca kejadian dagelan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati di KPUD Pacitan Senin lalu (3/8). Saat itu, Partai Golkar dan Gerindra memilih tidak hadir bersama dengan PDI Perjuangan, Hanura, serta PAN.

Namun demikian, sekretrais Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Pacitan, M  Ansori menegaskan tidak ada perpecahan di kubu KPB. Meskipun saat ini sangat susah untuk bersatu kembali. Hal itu lebih disebabkan karena masing-masing partai di KPB masih melakukan konsolidasi. ‘’Ada kemungkinan bisa untuk bersatu. Tapi, saat ini masih ada konsolidasi-konsolidasi di partai masing-masing. Tetapi, kami juga akan meluruskan bahwa Gerindra itu tidak ada niatan untuk mengganjal Pilkada Pacitan,’’ paparnya belum lama ini

Meski demikian, Ansori mengaku menjelang proses penutupan pendaftaran calon beberapa hari lalu itu sempat terjadi perbedaan pendapat. Di mana bacawabup yang KPB usung (Effendi Budi Wirawan) mengaku tidak siap. ‘’Kalau caranya seperti ini lucu sekali. Soalnya tidak bisa bacabup saja yang maju,’’ tuturnya.

Perpanjangan pendaftaran Pilkada Pacitan sendiri direncanakan hingga Selasa (11/8/2015) mendatang. Guna memastikan kondisi lapangan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, M Husni Kamil Malik pun malam ini mengunjungi kampung halaman Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono itu. (RAPP002)