Wanita TNI AU Semaba Wara Gelar Latihan Perang di Praci Hingga Pacitan

oleh -102.746 views
Semaba Wara latihan perang. (Foto: Lanud Adisucipto TNI AU)
Semaba Wara latihan perang. (Foto: Lanud Adisucipto TNI AU)
Semaba Wara latihan perang. (Foto: Lanud Adisucipto TNI AU)
Semaba Wara latihan perang. (Foto: Lanud Adisucipto TNI AU)

Pacitanku.com, YOGYAKARTA – Sebagai bentuk tes keberhasilan dalam mengaplikasikan pelajaran taktik dan dasar militer, siswa Sekolah Pertama Binta Wanita Angkatan Udara (Semaba Wara) akan mengadakan latihan berganda ‘Merak Sakti’ Tahun  2015, 1-7 Agustus 2015.

Menurut Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus SE mengatakan, latihan berganda ‘Merak Sakti’ Tahun  2015  ini, merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan di Semaba Wara Skadik 105 Lanud Adisutjipto. Para siswa harus bisa memanfaatkan kesempatan latihan tersebut untuk menimba dan mengasah pengetahuan sebagai seorang prajurit Angkatan Udara.

“Latihan yang juga dikenal dengan latihan berganda atau latihan perang ini akan dilaksanakan selama 7 hari. Ada beberapa taktik yang harus diikuti para siswa,” kata Imran saat pembukaan latihan di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Jumat (31/07/2015) dilansir laman resmi TNI AU.

Komandan Skadik 105 Letkol Sus Palupi Rahayu, SH menjelaskan, kegiatan latihan itu meliputi Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK), How to Find (HTF). Selain itu meliputi seluruh latihan jurit tangkas diantaranya turun tebing, peluncuran, penyeberangan kering, penyeberangan basah, bongkar pasang senjata, survival, Infiltration Course (IC), taktik tempur dasar, serangan fajar dan pertahanan pangkalan.

Rute pelaksanaan latihan berganda akan dimulai dari Kecamatan Pracimantoro, Suci, Kranggan, Tabuhan, Poko, Gesingan, Pelem, dan Telaga Cicikan dan akan berakhir di Detasemen Pacitan. Untuk pelaksanaan latihan pertahanan pangkalan terletak di Kabupaten Pacitan.

“Latihan berganda juga sebagai bentuk uji kemampuan dan ketrampilan siswa di medan latihan yang sebenarnya dengan menerapkan pelajaran teori dan praktek kemiliteran yang telah diberikan,” jelasnya.

Setelah lulus melaksanakan tahap I, para siswa Semaba Wara akan melanjutkan pendidikan Tahap II yaitu pendidikan dasar golongan sebelum siswa dilantik. Sedangkan pendidikan Semaba TNI AU untuk Wara dibuka tanggal 15 Mei 2015 dan direncanakan berakhir September mendatang. (TNI-AU/RAPP002)