Pacitan Siap Raih Piala WTN Bidang Lalin, Masyarakat Diminta Berperan Aktif

oleh -Dibaca 908 kali
Penerimaan WTN Bidang Lalin pada 2013 lalu. (Foto; WIdy S)
Penerimaan WTN Bidang Lalin pada 2013 lalu. (Foto; WIdy S)
Penerimaan WTN Bidang Lalin pada 2013 lalu. (Foto; WIdy S)
Penerimaan WTN Bidang Lalin pada 2013 lalu. (Foto; WIdy S)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali menargetkan mampu meraih penghargaan Piala WTN bidang lalu linta untuk tahun 2015 ini. sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut, Pacitan sukses meraih penghargaan ini untuk kategori kota kecil.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan, Widy Sumardji pun mengatakan pihaknya bertekad kembali mempertahankan penghargaan ini setelah sejak 2012 hingga 2014 Pacitan mampu menyabetnya.

“Seharusnya besok pagi (hari ini-red) akan diadakan penilaian lapangan di Pacitan oleh Tim dari Pusat, tetapi jadwalnya diundur antara tanggal 8 sampai dengan 13 Juni 2015,” katanya kepada Portal Pacitanku, Sabtu (23/5/2015) malam WIB.

Lebih lanjut, Widy menyatakan bahwa untuk kembali meraih WTN pada tahun ini dibutuhkan peran aktif semua pihak terkait, seperti masyarakat Pacitan dan pelaku usaha. “Seleksi administrasi sudah dilakukan hasilnya cukup memuaskan, penyediaan sarana dan prasana lalu lintas sudah dilakukan secara optimal, pembinaan pelaku usaha angkutan umum dan generasi muda  sudah dilakukan, akan tetapi yang lebih menentukan dalam penilaian yaitu yang terkait,” jelasnya.

Salah satu yang bisa dilakukan masyarakat adalah perilaku pengguna jalan terutama ketaatannnya dalam mengikuti rambu rambu lalin. “Seperti marka dan APILL serta kepatuhannya akan aturan berlalu lintas lainnya seperti penggunaan helm dan nyalakan lampu utama bagi sepeda motor, penggunaan sabuk keselamatan bagi kendaraan roda empat ke atas, menyalakan sign lamp saat mau belok dan sebagainya,” himbau mantan Kepala Satpol PP Pacitan ini.

Lebih lanjut, Widy juga menghimbau kepada segenap pelau usaha dan masyarakat yang berada di sekitar jalan protokol dan jalan nasional maupun jalan provinsi untuk membantu Pemkab Pacitan yaitu berperan aktif tetap menjaga agar ruang milik Jalan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

“Terutama tidak menjadikan badan jalan bahu jalan ataupun trotoar sebagai tempat parkir, maupun tempat jualan, disamping itu dalam menempatkan bak sampah maupun pot bunga seyognya jangan sampai mengganggu fungsi trotor bagi pejalan kaki,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pacitan ikut seleksi WTN bidang lalu lintas mulai tahun 2010, pada tahun itu juga mendapat sertifikat,  pada tahun 2011 mendapat plakat. Kemudian sejak 2012 hingga 2014 berhasil mendapat Piala WTN bidang Lalu Lintas untuk kategori kota kecil. (RAPP002)