Kunjungi Pacitan, Pemkab Samosir Gelar Study Banding Wisata dan Geopark Gunungsewu

oleh -101.386 views
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Guna meningkatkan kualitas wisata di Samosir, Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menggelar kunjungan dan study banding obyek wisata dan Geopark Gunungsewu di Pacitan, Ahad (24/5) hingga Senin (25/5) besok.

Dalam kunjungan ke Pacitan tersebut, rencananya Pemkab Samosir akan melakukan study banding obyek wisata di Pacitan, seperti wisata alam Goa Gong, Goa Tabuhan, kemudian wisata Pantai di Pantai Klayar, wisata industri dan kerajinan seperti akik, batik tulis dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

“Betul mas, salah satu agendanya mengunjungi geopark dan studi banding KRPL di hadiluwih,” kata Nasrul Hidayat, staff Bupati Pacitan saat dikonfirmasi Portal Pacitanku, Ahad (24/5).

Setidaknya, sejumlah 36 pejabat Samosir tersebut bermalam di Hotel Prasasti sejak sabtu malam. “Yang terdiri dari unsur Forkompimda, Ketua DPRD dan Kepala SKPD tersebut menurut agenda pokoknya hari ini mengadakan kunjungan ke pengrajin batik khas Pacitan,” terang Widy Sumardji, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan.

Para pejabat yang berkunjung ke Pacitan diantaranya adalah Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Ketua DPRD Rismawati Simarmata, juga beberapa kepala SKPD terkait seperti Kepala  Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Ombang Siboro dan sejumlah SKPD lainnya.

Berdasarkan jadwal kunjungan Pemkab Samosir yang diterima Portal Pacitanku dari Pemkab Pacitan, kunjungan diawali dari Ahad pagi dengan menggelar pertemuan dengan jajaran pemkab Pacitan, kemudian dilanjutkan dengan meninjau pasar percontohan nasional Minulyo, dilanjutkan dengan peninjauan etalase Geopark.

Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan KRPL Hadiluwih Ngadirojo, dilanjutkan peninjauan industri batik pacitan di Cokrokembang Ngadirojo. Agenda selanjutnya pada hari Senin besok adalah meninjau lokasi Geopark, Goa Gong dan pantai Klayar, kemudian wisata akik di seputaran Goa Tabuhan dan dilanjutkan menuju ke Kabupaten Gunungkidul.

Getol Kembangkan Pariwisata dan Potensi Lokal

Sebagaimana diketahui, Pemkab Samosir memang tengah getol mendongkrak bidang pariwisatanya. Tak main-main, tahun ini Pemkab setempat menargetkan mendapatkan 84.000 kunjungan wisatawan mengunjungi wilayah berjuluk Negeri Indah, Kepingan Surga ini.

Selain memperkenalkan dan mengembangkan seni budaya lokal dan modern sebagai kelengkapan kunjungan wisata, seperti Pulau Samosir memiliki alam yang indah dengan Danau Toba-nya, Pemkab Samosir juga melakukan kunjungan dan study banding ke Pacitan dan Gunungkidul

Diketahui, Pemkab Samosir juga menggelar Horas Samosir Fiesta yang menjadi agenda tahunan dengan pelaksanaan secara bertahap dan lokasi berbeda-beda supaya wisatawan datang berkali-kali. Seperti gelaran festival band di lokasi Pantai Indah Situngkir dan dalam waktu dekat, Disparsenibud Samosir mengadakan pesta budaya adat untuk hasil komoditas yang baik dan tanah yang subur sebagai ungkapan syukur. (RAPP002)