Catur dan Angkat Besi Jadi Andalan Pacitan Dulang Medali Porprov  V Jatim

oleh -316 views
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Cabang olahraga (Cabor) catur dan angkat besi menjadi andalan Komite Olah Raga Nasional Indonesia Cabang Kabupaten Pacitan pada kejuaraan pekan Olah Raga Tingkat Provinsi (Porprov) Jawa Timur bulan Juni mendatang. Tak main-main, KONI Pacitan menargetkan emas untuk dua cabor tersebut.

Menurut Ketua KONI Pacitan, HB Sugiharjanto, target itu dirasa Realistis. Sebab selama ini prestasi para atlet dari kedua cabang olahraga itu cukup menjanjikan, bahkan telah menyumbangkan  prestasi pada berbagai Event.  Bahkan, khusus catur, seringkali atlet catur Pacitan tampil di event internasional.

Pacitan sendiri akan mengirim 77 kontingen yang terdiri dari atlet dan official dalam Porprov yang akan digelar pada 6-13 Juni 2015 itu. Sementara untuk dana, Pemkab hanya mengalokasikan anggaran tak lebih dari Rp 600 juta.  “Namun sekali lagi, kita memang terbatas pada sisi anggaran. Seandainya anggaran yang ada sangat longgar, semua cabor memang akan kita ikutkan,”katanya beberapa waktu lalu.

Dari total 35 cabor yang dilombakan, Pacitan hanya mengikuti 10 cabor. Dengan hanya 10 cabor yang diikuti, kontingen tersebut mengalami penurunan pada Porprov IV Jatim tahun 2013 lalu. Saat itu, tercatat Pacitan mengikuti 16 Cabor Porprov dan diikuti sebanyak 137 atlet.

Untuk tahun ini, 10 cabor yang akan diikuti tersebut adalah  catur, angkat besi, gulat, volly in door, sepak takraw, billyard, bridge, tenis meja, bulu tangkis dan serta panjat tebing. Dan hingga saat ini, 10 cabor tersebut memasuki pemusatan latihan kabupaten (puslatkab) yang tersebar disejumlah lokas, seperti  volly in door dipusatkan di GOR, sepak takraw di GOR Gasibu Swadaya dan catur di bekas kantor UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pacitan.

Porprov V Jatim ini sendiri akan diikuti 38 kabupaten/kota se-Jatim yang terbagi menjadi 35 cabor. Pembukaan akan digelar di Stadion Diponegoro Banyuwangi, dan rencananya, total sebanyak 7500 kontingen yang terdiri dari 6500 atlet dan 1000 official akan menyemarakkan agenda olahrgaa terbesar di Jatim ini.

Sebelumnya, pada Porprov IV Jatim yang digelar dua tahun lalu, Kota Surabaya berhasil menajdi juara umum dengan perolehan mendali 105 emas, 99 perak dan 75 perunggu. (RAPP002)