Mahasiswi Untag Surabaya Gelar Ekspedisi di Luweng Ombo

oleh -900 views
Luweng OMbo
Luweng OMbo
Luweng OMbo

Pacitanku.com, SURABAYA – Peringatan Hari Kartini yang akan digelar pada 21 April mendatang dimanfaatkan oleh empat mahasiswi yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam 17 Agustus 1945 (Pataga) Surabaya dengan ekspedisi Luweng Ombo. (Baca : Pecinta Alam pun Kagumi Keindahan Pesona Goa Luweng di Pacitan)

Rencananya, Ekspedisi yang bertajuk Luweng Ombo Women Adventure tersebut adalah melakukan susur goa vertikal, sekaligus merupakan upaya aktivis Pataga Untag Surabaya untuk memperkenalkan aktivitas menarik yang juga dapat dilaksanakan oleh kaum perempuan.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Kartini 2015 sekaligus untuk meningkatkan skill tim divisi susur goa Pataga Untag Surabaya, khususnya bagi anggota perempuan. Perempuan juga mampu berkiprah di bidang yang umumnya dilakukan oleh kaum pria,” terang Andi Arifin Ketua Pelaksana Luweng Ombo Women Adventure seperti dilansir dari suarasurabaya.net, Selasa (31/3/2015).

Rencananya, para mahasiswi tersebut akan melibatkan 14 anggota terdiri dari 4 wanita sebagai tim susur goa dan 10 pria sebagai tim pendukung ekspedisi di goa yang disebut-sebut sebagai goa vertikal terdalam di Pulau Jawa, dengan kedalaman mulai dari 50 meter hingga 80 meter ini. (Baca : Luweng Ombo Pacitan, Goa Vertikal Terdalam dan Terbesar di Jawa)

Selain Luweng Ombo, tim Pataga Surabaya juga melakukan ekspedisi ke Goa Jomblang dan Gubuk yang berada di kawasan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebagaimana diketahui, Luweng Ombo yang terletak di Desa Kalak, Donorojo ini adalah lubang sangat besar, jika kita dipinggir lubang itu terlihatlah gua vertikal yang memiliki kedalaman sekitar 130 meter dan  diameter mulut goa 50 meter. Yang cukup mencengangkan lagi adalah lorong – lorong yang terdapat dalam goa ini memiliki panjang mencapai  25 Km, sehingga disebut goa vertikal terpanjang di pulau Jawa. (RAPP002)

Editor : Robby S Agustav