Desa Gembong Wakili Pacitan Lomba Hidup Sehat Tingkat Provinsi

oleh -10911 views
Tim Penggerak PKK Gembong. (Foto : SKPD Pacitan)
Tim Penggerak PKK Gembong. (Foto : SKPD Pacitan)
Tim Penggerak PKK Gembong. (Foto : SKPD Pacitan)
Tim Penggerak PKK Gembong. (Foto : SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Desa Gembong Kecamatan Arjosari maju mewakili Kabupaten Pacitan dalam lomba pelaksana Perilaku Hidub Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi. Dipilihnya Desa Gembong bukan tanpa alasan. Banyak terobosan dan Program-program menarik yang dimunculkan tim penggerak PKK setempat.

Desa Gembong langsung terpilih empat besar dari seluruh peserta kabupaten kota di Jawa Timur.Dengan lolos menjadi empat besar maka Desa Gembong masuk nominasi penilaian.Tiga kabupaten lain adalah Gresik, Kediri dan Ponorogo. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Luki Indartato Tribaskorowati, mengaku bangga dan berharap dari penilaian lapangan nanti kota Seribu Satu Goa ini mendapat penilaian terbaik. Istri Bupati Indartato itu memiliki keyakinan kuat karena perilaku hidub bersih dan sehat sudah menjadi akar budaya masyarakat. 

“Perilaku hidub sehat sudah ditunjukan masyarakat. Buktinya, sejak Juli 2014, kabupaten Pacitan telah mendeklarasikan bebas BAB Sembarangan (ODF)”, Katanya, seperti dikutip dari laman resmi SKPD Pacitan, Selasa (24/2/2015).

Diketahui, masalah kesehatan dasar memang menjadi prioritas pemerintah.Ini mengingat jumlah penduduk yang semakin besar serta persoalanya yang kian kompleks. Seperti dikatakan Ketua Tim Penilai Provinsi, Ir Teresya M Subagjo, gerakan membudayakan hidub bersih dan sehat dapat sukses jika dilaksanakan terpadu. “Kuncinya adalah bersinergi dengan lembaga terkait, sehingga daya ungkitnya luas,” kata Teresya.

Lebih lanjut, Teresya M Subagjo mengatakan, jika komitmen ini sudah terpatri dalam setiap elemen masyarakat,maka tingkat keberhasilanya lebih besar. Minimal, diterapkan dalam lingkungan keluarga masing-masing. 

Beberapa terobosan menarik dilakukan Tim Penggerak PKK Desa Gembong dalam membudayakan hidub bersih dan sehat. Diantaranya, dengan menciptakan Area bebas rokok, Kunjungan sekolah sepekan sekali untuk mengajak siswa SD makan sehat, Menyediakan tempat sampah organik dan unorganik di rumah tangga serta gerakan tanam seribu katuk. Program lain adalah, kader perempuan pemberantasan PSN, membudayakan cuci tangan dengan sabun melalaui kampung padasan, serta bugar lansia. (RAPP002)