Sukseskan Kampanye Peduli Sampah, Kodim Gelar Bersih–bersih Pasar Minulyo

oleh -101.247 views
Para Babinsa dalam sebuah acara
Para Babinsa dalam sebuah acara
Kampanye peduli sampah nasional. (Foto : Wildan/Pacitanku)
Kampanye peduli sampah nasional. (Foto : Wildan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Hingga saat ini, Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia dengan total penduduk mencapai 237 juta. Diperkirakan, jumlah penduduk Indonesia akan bertambah menjadi 270 juta pada 2025. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, diperkirakan akan dihasilkan sampah sebanyak 130.000 ton/hari.

Ini merupakan potensi yang besar sebagai sumberdaya (bahan yang dapat didaur ulang, sumber energi, dll). Tetapi saat ini sebagian besar masih menjadi sumber penyebab polusi. Pengurangan sampah yang bertujuan untuk membatasi volume sampah yang dihasilkan harus segera dilakukan.

Salah satu upaya mengurangi sampah adalah melalui pembudayaan kegiatan reduce, reuse dan recycle (3R) sampah. Hal itu disampaikan oleh Letkol Inf Yudi Diliyanto, Komandan Kodim 0801 Pacitan saat memberikan sambutan dalam kampanye Gerakan Peduli Sampah Nasional.

Kegiatan ini adalah salah satu agenda untuk mengurangi volume sampah yang digelar Sabtu (21/2/2015) di kompleks Pasar Minulyo, Baleharjo, Pacitan.

“Kegiatan ini dalam rangka menuju indonesia bebas sampah 2020, yang diperingati setiap tanggal 21 Februari serentak seluruh indonesia, adapun tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah,” kata Yudi saat dalam sambutannya.

Kegiatan yang diikuti puluhan personil TNI AD, anggota SAKA WIRA KARTIKA dari naungan TNI AD, Kodim, Polres Pacitan, Senkom Mitra Polri dan dinas terkait ini merupakan program bersih – bersih sampah di pasar terbesar di Pacitan tersebut, sebagai bentuk  Di pasar minolyo pacitan. Kegiatan ini diikuti anggota kodim pacitan, anggota Polres Pacitan dan dinas terkait. (Wildan/DPPP001)