Dua Hari, Tiga Kecelakaan Kendaraan Berat Terjadi di Pacitan

oleh -977 views
Kecelakaan Truk di Pacitan. (Foto : Kalla SH/FB)
Kecelakaan Truk di Pacitan. (Foto : Kalla SH/FB)
Kecelakaan Truk di Pacitan. (Foto : Kalla SH/FB)
Kecelakaan Truk di Pacitan. (Foto : Kalla SH/FB)

Pacitanku.com, PACITAN—Tiga kejaian kecelakaan lalu lintas yang memicu kendaraan berat terjun bebas ke jurang tiga hari belakakangan ini terjadi di Pacitan. Kali ini sebuah truk ekspedisi pengangkut makanan ringan bernopol H 1852 CR terguling hingga masuk jurang di Jalan Raya Pacitan-Solo, tepatnya di wilayah Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Senin (2/2) sekitar pukul 06.30.

Diduga, kecelakaan itu terjadi karena tuas roda depan sebelah kanan macet. Jadi, truk tidak bisa dibelokkan ketika memasuki turunan di jalan strategis nasional tersebut. Karena kejadian itu, muatan kardus yang berisi berbagai makanan ringan berhamburan.

Sopir truk, Priyono, 57, warga Randusari, Semarang, dan kernetnya, Agung, 27, warga Peterongan, Semarang, selamat dalam insiden itu. Mereka hanya terluka ringan di kaki dan tangan.

Menurut Priyono, sebelum berangkat ke Pacitan Minggu (1/2) sekitar pukul 23.00, dirinya merasa truknya bermasalah. ”Dari Semarang, (truk) sudah bermasalah, terutama di bagian roda depan,” ujarnya, dilansir dari JPNN, Rabu (4/2/2015).

Dia menuturkan sempat menghentikan truk sejenak di Boyolali dan SPBU di Kecamatan Punung untuk memperbaiki kerusakan.”Namun, ketika memasuki turunan ini (TKP), rodanya macet. Saya banting ke kiri, tapi tidak bisa sehingga akhirnya truk terperosok masuk ke jurang sedalam 5 meter,” terangnya.

Petugas Satlantas Polres Pacitan yang mendapat laporan soal kecelakaan tersebut tiba di lokasi tidak lama kemudian. Polisi mendatangkan mobil derek untuk mengevakuasi truk ekspedisi itu. Petugas juga meminta keterangan sejumlah saksi. Berdasar hasil pemeriksaan di lokasi, truk terguling karena mengalami kerusakan di roda bagian depan. Kasus kecelakaan tunggal tersebut kini ditangani Satlantas Polres Pacitan.

Pada hari Ahad, truk besar juga terguling di Desa Pucangombo, Kecamatan Tegalombo. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akibatnya, arus lalu lintas akibat kecelakaan truk tersebut tersendat. (RAPP002)