Terkait UN, Disdik Pacitan : Kelulusan Ditentukan Oleh Sekolah

oleh -10853 views
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)
Anak Pacitan pulang Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung sekitar bulan April – Mei 2015 ini diharapkan tidak lagi menjadi momok buat siswa, orang tua murid maupun kalangan pendidik.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Sakundoko, saat memberikan arahan dalam Rapat Tahunan Dinas Pendidikan Pacitan, Rabu (7/1/2015) kemarin.

Dikatakan Sakundoko, pada UN nanti, untuk kelulusannya sepenuhnya akan ditentukan oleh pihak sekolah. “Ujian Nasional tidak untuk kelulusan tetapi untuk mengukur capaian kompetensi pada bidang mata pelajaran yang diujikan” katanya.

Terpisah, Kepala UPT TK-SD Kecamatan Arjosari, Subiyanto Munir menyampaikan kebijakan terkait kelulusan sepenuhnya ditangan sekolah tersebut ada plus minusnya. “Kabar baiknya, sekolah bisa secara mandiri menentukan kelulusan anak didiknya, sedangkan minusnya, potensi dan kecerdasan anak kurang begitu terasa dengan adanya kebijakan ini,” jelasnya saat dihubungi Portal Pacitanku, Kamis (8/1/2015).

Menurut Munir, secara pribadi dirinya lebih memilih kemampuan dan kapasitas anak terasah dengan baik, sehingga jika kondisi ini tercipta, anak – anak benar – benar memiliki kematangan dalam perkembangan kecerdasannya. “ Kan kalau nanti, yang penting kan sekolah memberi kebijakan, pokoknya anak – anak lulus, tanpa secara cermat mempertimbangkan secara rinci faktor individu anak,” pungkasnya.

Agenda rapat tahunan ini sendiri dihadiri oleh kepala SMP/SMA/SMK se Pacitan, kepala UPT TK-SD se Pacitan, dan juga dihadiri langsung Bupati Pacitan. (DPPP001)