Enam Puskesmas di Pacitan Penuhi Standart Pelayanan Kesehatan yang Bermutu

oleh -102.170 views
puskesmas ngadirojo (Foto : Panoramio)
puskesmas ngadirojo (Foto : Panoramio)
puskesmas ngadirojo (Foto : Panoramio)
puskesmas ngadirojo (Foto : Panoramio)

Pacitanku.com, PACITAN—Enam dari 12 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Pacitan dianggap memenuhi standart pelayanan kesehatan yang bermutu. Hal itu ditandai dengan sertifikat SMM ISO 9001-2008 yang diberikan untuk keenam puskesmas itu. Yang terbaru, sertifikat tersebut diberikan untuk tiga puskesmas di Pacitan.

Tiga puskesmas yang mendapatkan sertifikat ISO tersebut adalah Puskesmas Tegalombo, Puskesmas Arjosari Dan Puskesmas Tulakan. Ketiga pusat layanan kesehatan itu dinilai mampu mewujudkan layanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat. Sehingga, layak menerima SMM ISO 9001-2008 dari Wordwide Quality Assurance (WQA).

Dengan semakin banyaknya puskesmas yang mendapat sertifikasi ini, dianggap menjadi keseriusan Pemerintah setempat dalam membuktikan komitmenya untuk berbenah dalam meningkatan layanan kesehatan.

“Apa yang diraih oleh ketiga Puskesmas merupakan bentuk kemampuan dalam menjabarkan Visi dan Misi pemerintah. Yakni memberikan pelayanan prima, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera tiga hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan, Ketercukupan pangan dan pendidikan,” papar Indartato, Bupati Pacitan usai menerima sertifikat, belum lama ini, dilansir dari lama resmi Pemkab Pacitan, Jumat (19/12/2014).

Indartato pun berharap, prestasi itu akan segera menular ke puskesmas yang lain. Karena diketahui, dengan diraihnya SMM ISO 9001-2008 oleh oleh Puskesmas Tegalombo, Arjosari dan Tulakan maka dari puskesmas induk di 12 kecamatan separuhnya sudah memenuhi standart SMM ISO 9001-2008.

Sebelumnya tiga puskesmas lain sudah lebih dahulu mendapat sertifikat tersebut, yaitu Puskesmas Punung, Kebonagung dan puskesmas Ngadirojo. (RAPP002)