PLTU Pacitan Alami Gangguan, Sejumlah Wilayah di Solo Kembali Alami Pemadaman Listrik

oleh -Dibaca 1.197 kali
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, SURAKARTA—Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pacitan yang mengalami gangguan kembali engakibatkan padamnya jaringan listrik di sejumalah wilayah Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Surakarta, Senin (22/9/2014). Pemadaman aliran listrik tersebut terjadi sekitar hampir 2,5 jam antara pukul 09.14-11.30 WIB.

Diketahui, padamnya jaringan listrik secara mendadak tersebut membuat aktivitas warga terganggu. Hal tersebut seperti dikeluhkan salah satu karyawan swasta di Solo, Rina Fatimah. Ia sempat kaget ketika tiba-tiba listrik di kantornya mati. Pasalnya sejumlah hasil kerjanya di komputer belum sempat tersimpan.

“Hasil pekerjaan saya sebagian hilang karena belum sempat disave. Sabtu kemarin saat jam kerja juga mati lampu sampai satu jam. Kalau dadakan begini kan merugikan konsumen. Biasanya kalau pemadaman kan ada pemberitahuan. Tapi sekarang kok akhir-akhir ini nggak ada ?,” keluhnya.

Terpisah, Pejabat Humas PT PLN APJ Surakarta Sumarhanto kepada wartawan mengatakan kerusakan pada pembangkit Pacitan Unit I mengakibatkan gangguan suplai listrik di Rayon Solo, Manahan, Sukoharjo, Grogol, Palur, Karanganyar, Sumberlawang dan Sragen.

“Pada pukul 09.14 WIB, tiba-tiba pembangkit Pacitan Unit I padam. Kami pun tidak bisa memberikan pemberitahuan sebelumnya, karena sifatnya mendadak, bukan pemadaman terjadwal yang bisa diberitahukan ke konsumen sebelumnya. Kalau yang pemadaman seperti itu memang kami alokasikan untuk keperluan perawatan,” jelasnya, dilansir dari Metrojateng.

Dia mengakui, adanya sistem interkoneksi pembangkit di Jawa Madura Bali membuat kerusakan di hulu langsung berpengaruh pada suplai di hilir. Namun demikian, sistem tersebut juga memungkinkan adanya suplai dari pembangkit lain sehingga mati lampu segera teratasi.

Seperti manuver yang dilakukan APJ Surakarta yang mengambil langkah cepat mengambil suplai listrik dari pembangkit di DIY. Sebelumnya, belum lama ini kejadian gangguan di PLTU Pacitan juga menyebabkan sejumlah titik di Solo mengalami pemadaman listrik.

Redaktur : Robby Agustav