Pacitan Delegasikan Ketua Disbudparpora di Konferensi GGN Unesco-6 di Kanada

oleh -10882 views
Konferensi Geopark keenam di Kanada. (Foto : geopark2014)
Konferensi Geopark keenam di Kanada. (Foto : geopark2014)
Konferensi Geopark keenam di Kanada. (Foto : geopark2014)
Konferensi Geopark keenam di Kanada. (Foto : geopark2014)

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai bentuk keseriusan menuju Pacitan Bumi Geopark, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan turut serta dalam Konferensi Geopark Network (GGN) ke 6 pada Rabu (17/9/2014) hingga Senin (22/9/2014) di Saint John, New Bruwnswich, Kanada.

Diketahui, Konferensi GGN ke 6 ini tidak main-main menetapkan taman bumi layak masuk jaringan global. Hal itu disebabkan karena melalui evaluasi keanggotaan, setiap empat tahun dan bisa dicabut. Untuk masuk menjadi anggota baru GGN UNESCO melalui voting dari seluruh anggota sehingga sangat demokratis.

Dari Pacitan, Pemkab mendelegasikan Wasi Prayitno, Ketua Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) untuk mengikuti konferensi tersebut.

“Hari ini kami, saya dan satu asisten berangkat ke Kanada selama kurang lebih 10 hari kedepan, membahas geopark,” katanya, kepada Portal Pacitanku, selasa (16/9/2014).

Selain dari Pacitan, sejumlah daerah yang masuk dalam anggota GGN juga turut hadir dalam konferensi tersebut. Rombongan daerah anggota GGN rencananya akan berangkat bersama Kemenparekraf dan Kementerian ESDM.

Diketahui, Pacitan mengembangkan kawasan Geopark dengan pembiayaan bersama dua daerah lainnya, yakni Kabupaten Wonogiri, Pacitan (Jatim) dan Gunung Kidul (DIY), serta didukung oleh pemerintah pusat. Dalam konferensi tersebut, para asesor yang menilai geopark beberapa waktu lalu akan melakukan paparan, lalu geopark akan diputuskan pada sidang dalam konferensi itu.

Sebelum acara inti dimulai, berdasarkan jadwal konferensi, agenda tersebut akan diawali dengan Workshop “Menilai Dampak Ekonomi dan Sosial Geopark Internasional” dari Universitas New Brunswick-Saint John. Para pakar geologi dan pariwisata dunia akan hadir dalam konferensi itu, diantaranya Dr Geoff Wall, yang memiliki pengalaman internasional yang luas di bidang pariwisata dan Dr Burc Kayahan, yang telah meneliti Geopark Kanada.

Beberapa kawasan karst yang dinilai oleh Unesco di Pacitan antara lain adalah Goa Gong, Pantai Klayar, Goa Tabuhan dan kawasan Pancer Door.

Redaktur : Dwi Purnawan