Geliat Warga Tulakan Kembangkan Potensi Wisata Pantai Pidakan Pacitan

oleh -101.122 views
Pantai Pidakan
Pantai Pidakan

Pacitanku.com, TULAKAN—Kabupaten Pacitan adalah surganya pantai dengan panorama yang menawan. Terhitung, hampir di semua pesisir Pacitan memiliki daerah pantai yang unik dengan ciri khas masing – masing, salah satu pantai yang unik tersebut adalah Pantai Pidakan.

Pantai yang terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini adalah salah satu pantai yang memiliki ciri khas berbeda dari pantai – pantai di Pacitan yang lain, yakni kerikil pantai yang menyebar di pinggiran pantai. Hingga kini pantai dengan ciri khas kerikil tersebut terbilang masih minim fasilitas, dikarenakan masih dikelola swadaya oleh masyarakat setempat.

“Kita baru saja menambah fasilitas pendukung berupa mushola, toilet dan keran, rencananya kita akan menambah fasilitas berupa sumur dan MCK di lapangan sebelah timur, semuanya dikerjakan secara gotong royong oleh warga dan Karang Taruna Yudha Taruna Jetak sini mas,” kata Slamet, salah satu pengelola Pantai Pidakan, kepada Portal Pacitanku, Rabu (17/9/2014).

Sebelumnya, Pantai Pidakan ini sudah talud dan sebagian jalan yang sudah diaspal. Menurut Slamet, pengerjaan talud dan jalan tersebut didapatkan pembiayaannya dari Bupati Pacitan. “Untuk jalan yang lewat barat masih susah dilewati, karena masih nunggu tahap berikutnya. Sementara, selama ini hasil tiket pengunjung yang kisaran dua ribu per orang kita gunakan untuk menambah fasilitas obyek wisata,” tandas pria alumni STKIP PGRI Pacitan ini.

Diketahui, Pantai yang juga masuk dalam kategori anugerah wisata Jatim 2014 ini memang masih benar – benar perawan. Selain pantai dan laut yang indah, beberapa wajah baru di Pantai Pidakan lainnya adalah bumi perkemahan, panggung musik dan tempat untuk acara, serta tambahan panorama yang sejuk dan nyaman saat berada di pantai yang terletak di pinggir Jalur Lintas Selatan (JLS) ini.

Redaktur : Robby Agustav