Seniman Pacitan Pertanyakan Belum Turunnya Dana Festival Ronthek

oleh -Dibaca 1.346 kali
Festival rontek Pacitan tahun lalu. (Foto : Doc Info Pacitan)
Festival rontek Pacitan tahun lalu. (Foto : Doc Info Pacitan)
Festival rontek Pacitan tahun lalu. (Foto : Doc Info Pacitan)
Festival rontek Pacitan tahun lalu. (Foto : Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang lomba Ronda Tethek (Ronthek) tahun 2014, berbagai permasalahan kembali muncul ke permukaan. Kali ini seniman Pacitan menyoroti belum turunnya dana bantuan untuk masing – masing desa sebanyak 10 juta yang belum bisa direalisasikan.

Menurut Nur Ichwan yang juga penulis buku ini, pihak DPPKA sebenarnya sudah menyiapkan dana, namun dikarenakan harus sesuai prosedur, dana bantuan rontek untuk 20 Desa yang rencananya akan digunakan untuk penunjang kegiatan festival Rontek Pacitan 2014 ini belum bisa diberikan karena belum ada proposal satu pun yang masuk.

“Sementara untuk 5 Kelurahan di kecamatan kota dan 11 Kecamatan bantuan tersebut masuk anggaran kerja alias sudah beres,” kata Nur Ichwan seperti statusnya yang ia tulis di jejaring sosial, Ahad (13/7/2014).

Nur juga menyoroti pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan yang dianggapnya telah lupa menyampaikan terkait pengajuan proposal ini untuk anggaran festival rontek.

“Kenapa?, Leading sektor DISBUDPARPORA diamanahi oleh SEKDA sejak awal

untuk menyampaikan ke peserta, lantas kelupaan untuk mengumumkan? ataukah sengaja tidak diumumkan oleh panitia? ataukah hal ini tidak dianggap penting?,” katanya.

Namun demikian, Nur juga menyarankan kepada desa yang belum membuat proposal dana festival ronthek segera membuat proposal untuk diajukan, agar setelah dana cair segera dilakukan persiapan pelaksanaan Ronthek Pacitan 2014.

“Apakah tidak sebaiknya masing2 Desa segeralah buat Proposal itu ketimbang nunggu diumumkan?, kasihan tuh 20 Desa, sebagai pihak yang selalu terkondisikan, sebab sudah tradisi hal2 begini selalu lambat,” pungkasnya.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)