Puluhan Grup Semarakkan Festival Rebana Klasik Pesantren Kikil Pacitan

oleh -101.992 views
Festival Rebana Pesantren Kikil Pacitan. (Foto : Pesantren Kikil)
Festival Rebana Pesantren Kikil Pacitan. (Foto : Pesantren Kikil)
Festival Rebana Pesantren Kikil Pacitan. (Foto : Pesantren Kikil)
Festival Rebana Pesantren Kikil Pacitan. (Foto : Pesantren Kikil)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Dalam rangka menggali potensi dan kemampuan berkarya para santri dan siswa sekolah, Pesantren Al Fattah, Kikil Arjosari menggelar Festival Rebana Klasik 2014, yang digelar Sabtu – Ahad (24-25/5/2014) di kompleks pesantren AL-Fattah, Kikil, Arjosari.

Selain menggali potensi seni, acara festival yang bertajuk “Dengan Festival Rebana Kita Wujudkan Generasi yang Cinta Sholawat, Kreatif, Berprestasi dan Cinta Damai” tersebut juga sekaligus dirangkaikan dengan agenda peluncuran Album Perdana Jamaah Pengajian Seni Sangar Jubah.

Jamaah Pengajian Seni Sanggar Jubah Pimpinan Hammam Fathullah meluncurkan album perdana, pada album tersebut berisikan 8 komposisi lagu, dengan mengangkat tema kolaborasi musik tradisional kepesantrenan, Jazz, Dangdut, Gambus dan Rock.

Tercatat, tak kurang dari 32 Grup Rebana Klasik dari berbagai Pesantren, Sekolah, Jamaah Pengajian dan Masyarakat umum dari Wilayah Kabupaten Pacitan turut ambil bagian dalam festival ini.

“Islam sebagai rahmat bagi semesta alam tentunya memiliki ajaran dan aturan yang bisa diterima oleh semua makhluk di dunia ini tanpa terkecuali. Oleh karena itu, musik adalah salah satu sarana yang tepat untuk media berdakwah kepada semua orang, karena dengan musik, orang tidak merasa digurui namun esensi ajaran Islam tetap tersampaikan,” jelas panitia Festival Rebana klasik, seperti dilansir dari laman resmi pesantren Al-Fattah.

Agenda Festival ini adalah ajang kompetisi bagi grup Rebana yang di motori oleh “Pengajian Seni Sanggar Jubah Pontren Al-Fattah Kikil” untuk menampilkan kemampuannya dalam hal menyanyikan lagu Islami, tidak hanya itu mereka juga dituntut untuk bisa menampilkan karya mereka dengan sangat maksimal ketika pentas diatas panggung.

Dalam mekanisme festival, peserta diberi waktu 15 menit untuk menampilkan satu lagu wajib yakni Busro Lanaa selebihnya peserta lomba menampilkan lagu sholawat sesaui kreasinya. aspek penilaian dalam Festival ini yakni pada bidang olah vokal, instrument dan penampilan.

Setelah melalui persaingan yang cukup ketat, grup rebana Rebana Al Faza dari Jatimalang Arjosari keluar sebagai juara I, disusul Juara II Grup Rebana Dari Bunderan Tanjungsari dan Juara II diraih oleh Grup Nurul Hidayah dari Ploso Pacitan. para pemenag berhak menerima hadiah Trofi Bupati Pacitan, Piagam penghargaan serta uang pembinaan.

Redaktur : Robby Agustav