Pebisnis Bus Pacitan Keluhkan Jalan Rusak dan Travel Tak Berizin

oleh -102.519 views
Bus Aneka Jaya di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Bus Aneka Jaya di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Bus Aneka Jaya di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Bus Aneka Jaya di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANRusaknya jalan di beberapa titik menuju Solo, seperti di kawasan Wonogiri membuat pebisnis bus di Pacitan mengeluh. Menurut para pengelola jasa transportasi itu, jalanan yang rusak menjadi tantangan besar bagi mereka. Salah satunya, jalur Pacitan-Solo yang rusak terkena akibat hujan.

“Sparepart kami banyak yang kena (rusak) dan sparepart itu sangat mahal. Padahal jalan dari arah Solo ke Pacitan baru diperbaiki pada musim kemarau kemarin, tetapi sekarang pada saat musim hujan jalannya rusak lagi,” kata pemilik PO Aneka Jaya, Pacitan, Agus Sudarmadji, seperti dilansir dari transportasi-indonesia.com, Selasa (30/4/2014).

Selain kondisi jalan yang rusak, para pengelola jasa bus tersebut juga mengeluhkan keberadaan travel gelap yang tidak berizin. Dari sekian banyak travel yang beredar di Pacitan, diyakini Agus hanya ada sekitar dua atau tiga travel saja yang memiliki izin resmi.

Oleh karena itu, Agus berharap agar dilakukan penertiban sehingga level persaingan yang terjadi dapat berlangsung secara sehat. Di lain sisi, keberadaan Jalur Lingkar Selatan juga dinilai membuka peluang bisnis baru terkait dengan potensi pengembangan bisnis bus melalui jalur baru di Lingkar Selatan.

Diketahui, bus yang dikelola PO Aneka Jaya yang belum lama membuka rute dari Pacitan menuju Bandung. “Ke depan berencana untuk membuka rute ke arah Surabaya dan Bali,” pungkasnya.

Redaktur : Ajeng Miranti