Menikmati Pasir Putih, Batu Karang dan Ombak Jinak Pantai Nampu

oleh -1.675 views
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)
Pantai Nampu Pacitan
Pantai Nampu Pacitan

Pacitanku.com, DONOROJO—Salah satu wisata Pantai yang layak untuk menjadi obyek wisata kunjungan anda di Pacitan adalah Pantai Nampu. Pantai ini berada di wilayah perbatasan Pacitan di Jawa Timur dan Wonigiri, Jawa Tengah. Sebagian masuk wilayah Dringo, Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito Wonogiri, sebagian lainnya masuk wilayah Desa Widoro, Donorojo. Jadi dengan kondisi seperti itu juga Pantai Nampu bisa dikatakan menjadi milk Wonogiri dan Pacitan.

Untuk memasuki daerah wisata yang masih alami ini adalah emlalui DEsa kalak yang menuju kea rah Desa Widoro di Donorojo. Dan jika sudah hamper mendekati area pantai, anda harus berjalan menuruni anak tangga yang sudah dibuat dan khusus untuk pejalan kaki kira – kira 5-10 menit dari atas. Meski lelah, namun anda akan sngat puas melihat pesona pantai yang membuat mata anda betah berlama – lama memandang di pantai ini.

Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)

Seperti halnya pantai lainnya di ujung barat Pacitan, Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai cukup panjang. Namun yang membedakan diantara pantai lain di selatan Pacitan, ombak di Pantai ini cukup jinak, hal itu terbukti ada sisi laut dangkal, sehingga Nampak dengan jelas biota laut dan karang – karang dengan aneka bentuk dan jenis bisa disaksikan dengan jelas.

Di sebagian sisi laut yang dangkal ini juga banyak bebatuan yang bisa anda gunakan untuk sekedar duduk dan menikmati laut lepas, maupun bercengekrama dengan beberapa hewan laut yang kadang nakal menggoda kita, ada ikan – ikan kecil, rumput laut dan berbagai biota lainnya. Yang disarankan, anda jangan sampai bermain dengan bulu babi di pantai ini, karena cukup berbahaya.

Satu lagi biota laut yang juga bermanfaat bagi warga sekitar sini adalah rumput laut. Rumput laut yang diambil disisi dangkal pantai ini dimanfaatkan warga untuk dijual kepada pengepul.

Pemandangan perbukitan karst, pantai pasir putih, ombak yang cukup jinak, sementara di sisi atas pantai berderet gubuk – gubuk penjual, dan panorama dasar laut dengan ebrbagai macam biota di dalamnya akan membuat anda betah berlama – lama di Pantai ini. Selamat menikmati keindahan pantai Nampu.

Redaktur : Robby Agustav