Luweng Ombo Pacitan, Goa Vertikal Terdalam dan Terbesar di Jawa

oleh
Luweng OMbo

Luweng Ombo (Foto : Kaskus)
Luweng Ombo (Foto : Kaskus)

Pacitanku.com, DONOROJO—Salah satu fenomena alam di Kabupaten Pacitan yang menjadi incaran para petualang dan pecinta alam adalah luweng terbesar dan terdalam di Pacitan yang bernama Luweng Ombo. Luweng Ombo yang terletak di Desa Kalak, Donorojo ini adalah lubang sangat besar,jika kita dipinggir lubang itu terlihatlah gua vertikal yang memiliki kedalaman sekitar 130 meter dan  diameter mulut goa 50 meter.

Yang cukup mencengangkan lagi adalah lorong – lorong yang terdapat dalam goa ini memiliki panjang mencapai  25 Km. Goa ini mudah di  tempuh dengan kendaraan bermotor karena dekat dengan jalan raya. Jaraknnya dari jalan raya hanya  sekitar 10 meter sehingga terlihat sedikit atap-atap goanya.

Goa ini merupakan tempat kesukaan para mahasiswa pecinta alam, seperti pada tgl 17 Ags 2010 dimana mahasiswa pecinta alam mengadakan upacara bendera dalam peringatan HUT ke-65 RI dan mengkibarkan merah putih dalam goa, ini sudah yang ke 4 kalinya dilakukan di luweng ini.

Bagi para pendaki goa, ada titik-titik di mana mulut goa berbentuk horizontal sehingga para penelusur dapat beristirahat untuk melanjutkan penelusuran vertikal selanjutnya. Goa Luweng Ombo diklaim sebagai goa tegak terdalam di Jawa. Dinding goa terlihat ditumbuhi lumut akibat adanya rembesan air pada dinding-dinding goa.

Redaktur : Robby Agustav