Dalam Sepekan, Longsor dan Banjir Pacitan Rusak Puluhan Rumah dan Persawahan

oleh -13565 views
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)
Longsor di Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Akibat curah hujan yang tinggi sepekan terakhir di Pacitan, bencana tanah longsor dan banjir yang merupakan bencana tahunan kembali terjadi di kota kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.  Dari data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Kamis (26/12/2013), rata – rata kerusakan yang terjadi adalah rumah penduduk, areal persawahan dan infrastruktur .

Berdasarkan data tersebut, banjir merendam puluhan rumah penduduk di Desa Hadiwarno dan Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo. Selain itu banjir dan debit air yang naik di sungai Grindulu mengakibatkan badan jalan Ponorogo Pacitan mengalami longsor, sehingga jarak sungai dengan rumah warga tinggal beberapa meter saja.

“Selain merusak pemukiman, banjir juga merendam seratusan hektare sawah,” jelas Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Pudjono, seperti dikutip dari Antarajatim, Jumat (27/12/2013).

Untuk bencana tanah longsor sendiri terjadi sporadis di puluhan titik lokasi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Pacitan, Nawangan, Tegalombo, Sudimoro, Tulakan, serta Pringkuku.Tidak ada korban jiwa dalam serangkaian insiden bencana alam tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Redaktur : Robby Agustav