Asyik, Pemkab Pacitan Sediakan Pojok Menyusui di Posko Mudik

oleh -398 views
Mudik ke Pacitan
Mudik ke Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN— Mudik menuju Pacitan dengan membawa anak kecil? Tidak ada masalah. Para ibu tetap bisa menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman tanpa kehilangan kesempatan menyusui bayinya. Ini setelah pemkab setempat menyediakan pojok menyusui selama musim mudik/balik.

“Ada tempatnya untuk Pojok Asi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr Eko Budiono kepada wartawan, Jumat (2/8/2013) siang.

Fasilitas untuk ibu menyusui itu, terang Eko, ditempatkan di sudut Pasar Minulyo, Baleharjo di Jalan Gatot Subroto. Jarak lokasi dengan terminal bus yang hanya terpaut 30 meter sangat memungkinkan dimanfaatkan oleh pemudik. Artinya, sasaran tidak hanya pengunjung pasar melainkan juga pemudik.

Terobosan tersebut dilandasi kesadaran pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) bagi anak-anak. Bahkan, tandas Eko, mendapatkan ASI merupakan salah satu hak anak yang mendasar.

Selama berada di Pojok Menyusui, para ibu dapat dengan leluasa menyusui anaknya tanpa terganggu kondisi sekitar. Tidak hanya itu, fasilitas yang dibuka sejak H-7 hingga H+7 lebaran juga dilengkapi peralatan penyimpan ASI. Tujuannya, pemudik bisa memerah ASI yang memberikan kepada anaknya saat di perjalanan.

“ASI bisa ditampung untuk dibawa pulang. Itu karena kebutuhan untuk si anak,” ujar Eko yang juga mantan Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan.

Redaktur : Panji Munir

Sumber : Detik