Dukung Rakhman Wijayanto, Pegiat Desa se-Pacitan Deklarasikan NYAMAN di Pilbup 2024

oleh -313 Dilihat
DUKUNG WIWIT BG. Pegiat desa di Pacitan deklarasi dukung Rakhman Wijayanto di Pilbup Pacitan pada Jumat (21/6/2024). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dukungan untuk Rakhman Wijayanto sebagai bakal calon Wakil Bupati Pacitan terus bertambah. Kali ini dukungan datang dari puluhan pegiat desa dari seluruh kecamatan di Pacitan.

Bertajuk deklarasi NYAMAN Hidup di Desa, puluhan pegiat desa di Pacitan mendeklarasikan dukungan untuk Rakhman Wijayanto di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan pada Jumat (21/6/2024) di Rumah Makan Sehat Pacitan.

Koordinator Pegiat Desa, Septian Dwi Cahyo mengatakan dukungan untuk Rakhman aatau yang akrab disapa Wiwit BG tersebut karena ada kesamaan pandangan untuk memajukan desa-desa di Pacitan.

“Sebagai koordinator mengucapkan terimakasih atas rawuhnya pak Wiwit BG hari ini, pertemuan kali ini tidak tiba-tiba namun telah beberapa waktu lalu. Sehingga munculah kegiatan pada sore hari ini,”kata Cahyo saat deklarasi dukungan bertajuk NYAMAN Hidup di Desa,

Pria yang akrab disapa Cahyo juga menegaskan berawal dari kegelisahan tersebut, maka terbenak untuk berproses bersama-sama membangun Pacitan.

“Sehingga kita ikut berpartisipasi untuk menjadikan Pacitan lebih baik lagi dan mendorong mendukung calon pemimpin yang satu frame dengan kita,”jelas dia.

Menurut Cahyo, latar belakang Wiwit BG sebagai Kepala Desa Arjowinangun menjadi modal baginya untuk memahami kebutuhan desa-desa di Pacitan.

“Background beliau ini sebagai kepala desa tentu lebih memahami kebutuhan desa di Pacitan, baik tentang kebutuhan dasar masyarakat, pemberdayaan desa, dan meningkatkan pendapatan desa,”pungkasnya.

Wiwit BG sendiri diketahui sebelumnya telah resmi mendaftar sebagai salah satu bakal calon kepala daerah di internal DPC Partai Demokrat Pacitan.

Pada Pilbup tahun ini, penjaringan internal DPC Partai Demokrat Pacitan diikuti empat bakal calon. Adapun pendaftar pertama adalah pimpinan Pondok Pesantren An-Nur Pringkuku yang sempat maju menjadi Caleg DPR RI dari PKS pada Pemilu 2024 lalu, yakni KH Muhammad Thoha.

Selain KH Muhammad Thoha, ketiga tokoh yang mendaftar lainnya adalah tokoh yang juga kader Partai Demokrat, yakni Ronny Wahyono yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Pacitan.

Kemudian Indrata Nur Bayuaji yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pacitan. Dan yang terakhir adalah Rakhman Wijayanto, yang merupakan caleg terpilih dari Partai Demokrat.

Ketua penjaringan Bacabup-Bacawabup Partai Demokrat Pacitan Kristanto Waluyo mengatakan elektabilitas dari para calon yang mendaftar tersebut menjadi syarat dan pertimbangan partainya dalam mengusung calon kepala daerah.

“Ya persyaratan yang umum kita soal dengan aturan kemudian kita menggunakan hasil survei. Jadi nanti setiap calon nanti men-survei dirinya dengan lembaga survei yang sudah kita tentukan, kemudian hasilnya nanti akan kita kirim ke (DPP Partai Demokrat) Jakarta,”kata Kristanto.

Sebagai informasi, Pilbup Pacitan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Di Pacitan, dari semua parpol pemilik kursi DPRD, hanya Partai Demokrat yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon sendiri. Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk mengusung paslon.

Sebab, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta wali kota dan wakil wali kota perlu memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah.

Di Kabupaten Pacitan, dengan total kursi DPRD sebanyak 45, maka memerlukan minimal 9 kursi sebagai ambang batas minimal pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

Dari 9 Parpol pemilik kursi DPRD Pacitan tahun 2024, hanya Partai Demokrat yang bisa mencalonkan kepala daerah secara mandiri.

Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk memajukan calon kepala daerah pada 27 November 2024 mendatang, yakni Partai Golkar (7 kursi), PDIP (6 kursi), PKB (5 kursi), Nasdem (2 kursi) PPP (2 kursi), PKS (2 kursi), Hanura (2 kursi) dan Gerindra (1 kursi).

Dari 8 parpol diluar Partai Demokrat, baru 3 Parpol yang sudah menentukan sikap politiknya, yakni PPP, Hanura dan Gerindra.

Tiga Parpol dengan total 5 kursi DPRD itu resmi mengusung bakal calon dari Partai Demokrat, yakni Rakhman Wijayanto sebagai Bacawabup Pacitan pada Pilbup 2024 mendatang.

Sedangkan Golkar, PDIP, PKB, Nasdem dan PKS belum menentukan sikap politiknya dalam Pilbup Pacitan. Namun belakangan beredar kabar PDIP juga mulai menjalin komunikasi dengan PKS. (PP)

No More Posts Available.

No more pages to load.