Gubernur Terbitkan Surat Rekomendasi Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Kiai Hamid Dimyathi Pacitan

oleh -316 Dilihat
TP2GD Pacitan. Tim TP2GD Pacitan saat berbincang dengan latar belakang gambar Kiai Hamid Dimyathi yang sedang dalam proses pengusulan gelar pahlawan nasional. (Foto: Dok. TP2GD untuk Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah melalui sejumlah tahapan, Gubernur Jawa Timur akhirnya menerbitkan surat rekomendasi pengusulan gelar pahlawan nasional (GPN) untuk Kiai Hamid Dimyathi dari Pondok Pesantren Tremas, Arjosari, Pacitan.

Dalam surat rekomendasi yang diterima Pacitanku.com dari Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Pacitan, Gubernur Jatim menerbitkan surat rekomendasi itu setelah melalui tahapan, baik sidang di tingkat kabupaten hingga provinsi.

Dalam surat rekomendasi nomor 400.9.15.1/47285/107.3.06/2023 itu, Khofifah yang saat itu masih menjadi gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menerangkan dengan hormat bahwa pada dasarnya mendukung dan merekomendasikan Kiai Hamid Dimyathi untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Pengusulan itu, kata Khofifah dalam surat tersebut, sebagaimana hasil sidang Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jawa Timur tahun 2023 lalu.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa perjuangan dan pengorbanan beliau sebagai pemimpin pesantren Tremas Pacitan, aktivis pergerakan serta perjuangan dalam mempertahankan kemerdakaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”demikian kata Khofifah dalam surat rekomendasi yang terbit pada 11 Desember 2023 itu.

Baca juga: Napak Tilas Jejak Perjuangan Kiai Hamid Dimyathi, Mujahid dari Bani Abdul Manan Attarmasie Pacitan

Terpisah, anggota TP2GD Pacitan Subiyanto Munir saat dikonfirmasi pada Sabtu (9/3/2024) di Pacitan mengatakan, dengan turunnya surat rekomendasi gubernur tersebut, tahapan selanjutnya adalah diusulkan dalam sidang tingkat nasional oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI pada bulan Maret 2024.

“Insyaallah surat rekomendasi gubernur ini menjadi alat bukti akhir proses pengusulan gelar pahlawan nasional untuk Kiai Hamid Dimyathi, dan di sidang provinsi 1 kali, layak diusulkan oleh Gubernur Jatim menjadi pahlawan nasional dengan tahapan disidangkan akhir bulan maret ini di Tingkat nasional,”jelas pria yang akrab disapa Subiyanto ini.

Lebih lanjut, Subiyanto mengungkapkan Gubernur Khofifah menerbitkan atau menurunkan dua rekomendasi untuk dua kandidat pahlawan nasional baru dari Jatim, yakni Kiai Hamid Dimyathi dari Pacitan dan Kiai Ahmad Sidik dari Jember.

“Sebelumnya memang belum kami ungkap ke publik karena masih perbaikan data, dan pada bula Januari 2024 kemarin, Dinas Sosial Pacitan melalui TP2GD Pacitan bisa menyelesaikan seluruh dokumen kekurangannya sehingga informasi tahapan rekomendasi ini bisa disampaikan ke masyarakat,”jelasnya.

Baca juga: DPRD Pacitan Dukung Upaya Pemkab Usulkan Pemberian Gelar Pahlawan Nasional Bagi Kyai Hamid Dimyathi

Secara khusus, Subiyanto mengapresiasi Pemkab Pacitan bersama DPRD Pacitan yang terus mengawal proses pengusulan gelar pahlawan ini hingga tahap turunnya rekomendasi dari Gubernur dan untuk selanjutnya akan disidangkan di tingkat nasional.

“Pada sidang yang dihadiri TP2GD Pemprov Jatim, juga dihadiri oleh DPRD Pacitan yang diwakili anggotanya, kepala Dinas Sosial Pacitan serta IAPT sebagai pihak pengusul,”kata Subiyanto.

“Sebelumnya kita juga mengadakan kegiatan sosialisasi dan launching tentang sejarah Kiai Hamid Dimyathi dengan fasilitasi oleh Ketua DPRD Pacitan Bapak Ronny Wahyono beberapa bulan sebelum sidang tingkat Provinsi, dan berkat fasilitasi Bapak Ketua DPRD ini, kegiatan kita berjalan lancar di Pacitan, dan sidang-sidang di TP2GD Pacitan dihadiri oleh unsur dewan, baik langsung ketua maupun oleh utusannya,”pungkasnya.

Berikut surat rekomendasi Gubernur tentang pengusulan gelar pahlawan nasional Kiai Hamid Dimyathi

Video Napak Tilas Jejak Perjuangan Kiai Hamid Dimyathi, Mujahid dari Bani Abdul Manan Attarmasie Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.