Semarak Jeruk Obor Festival, Digelar Tiga Hari, Hadirkan Seniman Lokal Hingga Luar Daerah

oleh -4 Dilihat
Kirab obor menandai dimulainya Jeruk Obor Festifal (JBOR) di Desa Jeruk, Kecamatan Bandar, Senin (3/7/2023) malam. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Kirab obor menandai dimulainya Jeruk Obor Festifal (JBOR) di Desa Jeruk, Kecamatan Bandar, Senin (3/7/2023) malam.

Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati jalan yang dilalui peserta kirab. Nyala obor nampak mengular dimulai dari Balai Desa Jeruk menuju panggung utama festival.

Nampak bersama masyarakat, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji turut larut dalam pesta rakyat tersebut.

Orang nomor satu di Pacitan itu ikut dalam rangkain kirab dengan berjalan kaki. Bahkan, Mas Aji mendapat kehormatan menyalakan obor utama sebagai tanda dimulainya JBOR Festival.

“Saya memaknai kegiatan malam ini intinya adalah rasa senang atau rasa cinta dan wujud syukur kita dengan apa yang kita dapat,”kata Bupati dalam sambutannya, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Secara khusus, bupati mengapresiasi pelaksanaan JBOR dan berharap akan  berlanjut dan berkembang lebih baik lagi.

“Karena event  ini baru pertama mungkin masih banyak kekurangan serta terima kasih atas partisipasi luar biasa dari seluruh warga,”kata Kades Jeruk Haris Kiswanto.

Jeruk Obor Festifal akan berlangsung selama 3 hari  mulai tanggal 03-05/2023.  Beragam acara akan ditampilkan dalam panggung festival.

Sejumlah seniman dari berbagai sanggar seni  baik lokal maupun luar daerah hadir  memeriahkan JBOR. Diantaranya datang dari Magelang, Surakarta, Solo dan Wonogiri. JBOR juga menggelar Workshop pemberdayaan ibu-ibu, Jagong Tani serta Loka Karya Kerajinan.