Tak Lagi Khawatir Krisis Air Bersih, Warga 7 Dusun di Kebonagung Peroleh Bantuan Pipanisasi Kerjasama Indonesia-Jepang

oleh -3 Dilihat
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono yang juga Pendiri sekaligus Pembina LSM Wabpim saat mendampingi monitoring dan evaluasi (monev) proyek pipanisasi air bersih bersama perwakilan Konjen Jepang Surabaya pada Kamis (22/6/2023). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Warga di 7 dusun di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan kini tak lagi khawatir mengalami krisis air bersih. Pasalnya warga di 7 dusun tersebut mendapatkan bantuan Pamsimas hasil kerjasama Pemerintah Jepang dan Indonesia LSM Wahana Anak Bangsa Peduli Indonesia Maju (Wabpim).

Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono yang juga Pendiri sekaligus Pembina LSM Wabpim saat mendampingi monitoring dan evaluasi (monev) proyek pipanisasi air bersih bersama perwakilan Konjen Jepang Surabaya pada Kamis (22/6/2023).

Ronny mengatakan sejak berdiri yayasan yang dia dirikan pada tahun 2001 ini konsisten memberikan berbagai program mulai dari pendidikan, perairan dan lain sebagainya, termasuk mengawal bantuan pamsimas di Desa Sidomulyo ini.

“Alhamdulillah banyak program yang berhasil kami akses dan fasilitasi. Untuk kegiatan hari ini sendiri adalah monev bersama perwakilan Konjen Jepang dari Surabaya untuk melihat langsung manfaat program pipanisasi yang diberikan 2 tahun lalu,”kata Ronny usai mendampingi tim Konjen Jepang di balai desa Sidomulyo.

Tak hanya mengecek bangunan di sumber air, tim Konjen Jepang didampingi LSM Wabpim dan jajaran pemerintah Desa Sidomulyo juga mengecek langsung instalasi pipanisasi hingga yang terpasang di rumah warga.

“Alhamdulillah setelah melihat secara langsung progres dan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat dengan bukti yang ada di lapangan seperti mata air yang terjaga, pipanisasi berjalan bahkan hingga menyalakan langsung kran yang ada di rumah warga, tim perwakilan Konjen Jepang sangat puas,”ujar legislator Partai Demokrat ini.

Melihat program yang berjalan lancar, Ronny Wahyono melalui LSM Wabpim mengaku akan terus memfaslitasi bantuan-bantuan di wilayah lain terutama di wilayah Kabupaten Pacitan.

“Data-data sudah kami berikan, semoga akan ada kerjasama lain yang bisa kita capai. Tidak hanya di wilayah kecamatan Tulakan-Kebonagung saja tetapi juga di sleuruh wilayah Kabupaten Pacitan,”tandas dia.

Kades Sidomulyo, Makrus Ali mewakili warga desa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam program ini, mengingat bantuan pipanisasi di pamsimas yang diberikan dua tahun lalu dapat membantu ketersediaan air bersih bagi warga di 7 dusun.

“Untuk jumlah detail KK, kami kurang tau detailnya, karena itu dipegang langsung oleh kelompok. Yang kami tahu, kurang lebih 7 dusun di dua titik sumber. Di Margodangkak itu 3 dusun, dan di Sumbergenjong ada 4 dusun,”jelasnya.