Sahabat Penyu Pacitan Evakuasi Ratusan Telur Penyu di Pesisir Pantai Pancer Door

oleh -21 Dilihat
Komunitas peduli satwa dan lingkungan, Sahabat Penyu Pacitan kembali berhasil evakuasi ratusan telur penyu yang bertelur di pesisir pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Komunitas peduli satwa dan lingkungan, Sahabat Penyu Pacitan kembali berhasil evakuasi ratusan telur penyu yang bertelur di pesisir pantai Pancer  Door, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Pada musim bertelur tahun ini, adalah penyu ke tiga yang berhasil bertelur di sepanjang pesisir pantai Pacitan. Dua penyu bertelur di daerah pantai Soge, dan satu penyu di pantai Pancer Door.

“Alhamdulillah, patroli dini hari ini teman-teman berhasil evakuasi kurang lebih 130 butir telur, kami selamatkan dan pindahkan di tempat penetasan,”kata anggota sahabat penyu Pacitan Arnaiz Laziedo, Jumat (9/6/2023).

Perlu diketahui, sepanjang pesisir pantai di Pacitan dulu sebenarnya adalah endemik penyu. Namun karena perubahan jaman, pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan, penyu – penyu tersebut kemudian berhijrah ke tempat lain untuk bertelur.

“Penyu akan kembali bertelur di tempat yang sama, jika tempatnya rusak maka dia akan berpindah, Kebanyakan proses pencarian, perpindahan ini yang kemudian menyebabkan penyu mati, karena penyu jika waktunya bertelur harus dikeluarkan, kalau tidak, dia akan mati,”jelas Dhinar Bayu, relawan penyu.

Selain itu, aktivitas patroli untuk menyelamatkan telur penyu sudah dilakukan para relawan dalam waktu 6 tahun terakhir ini. Telur telur tersebut di evakuasi agar bisa menetas dengan baik.

“Musuh telur penyu yang utama adalah manusia, dalih untuk jamu atau obat, padahal telur itu mengandung 6 jenis racun, salah satunya mercuri tinggi,”ungkap Slamet Riyadi Hember, koordinator sahabat penyu Pacitan.