Pesan Wabup Gagarin Saat Kukuhkan Paskibraka: Jalankan Tugas dengan Cara Kesatria

oleh -Dibaca 923 kali
Wakil Bupati Pacitan Gagarin Wakil Bupati Pacitan Gagarin mengukuhkan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pacitan 2022 pada Senin (15/8/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Gagarin Wakil Bupati Pacitan Gagarin mengukuhkan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pacitan 2022 pada Senin (15/8/2022).

Pengukuhan berlangsung di pendopo kabupaten yang juga dihadiri oleh Forkopimda serta Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho.

Berbeda dengan peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI selama dua tahun masa pandemi, tahun ini pasukan pengibar bendera pusaka yang akan mengemban tugas mengibarkan Bendera Merah Putih turun dalam formasi utuh, yakni terdiri dari pasukan 17-8-45.

Pengukuhan berlangsung khidmat diawali dengan pembacaan pengantar pengukuhan kepada calon Paskibraka Kabupaten Pacitan tahun 2022.

Sambil menggenggam erat bendera merah putih calon paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia. Pengukuhan bermakna bahwa Paskibraka berjiwa kesatria. Bersatunya perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab serta rela berkorban untuk ibu pertiwi.

Usai pelaksanaan ikrar, Wakil Bupati Pacitan Gagarin sebagai Pembina upacara menyematkan “kendit” (ikat pinggang)  sebagai tanda Paskibraka telah dikukuhkan.

“Kepada para pemuda yang tergabung dalam Paskibraka Kabupaten Pacitan 2022, saya yakin kalian akan mampu menjalankan tugas dengan cara kesatria. Ingat, satria itu memiliki sikap antara ucapan dan tindakan satu,” pesan Wabup Gagarin mengutip laman Prokopim Pacitan.

Usai pengukuhan, Gagarin juga menyampaikan sejumlah pesan yang dikutip melalui laman instagramnya @gagarin_sumrambah.

“Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa,”katanya.

Gagarin juga mengucapkan selamat atas dikukuhkannya putra putri terbaik Paskibraka Kabupaten Pacitan.

“Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkan lah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu,”imbuh Gagarin.

No More Posts Available.

No more pages to load.