Segera Dibuka, Museum Song Terus Hadirkan Konsep Modern Berstandar Internasional

oleh -Dibaca 1.640 kali
Museum yang terletak di kawasan situs Goa Song Terus, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan ini direncanakan dibuka dengan konsep modern bertsandart internasional. (Foto: Risma Permata Sari/PKL STKIP PGRI Pacitan)

Pacitanku.com, PUNUNG – Salah satu wisata sejarah di Pacitan, Museum Song Terus akan segera dibuka.

Museum yang terletak di kawasan situs Goa Song Terus, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan ini direncanakan dibuka dengan konsep modern bertsandart internasional.

Museum yang berada dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini direncanakan akan mengadakan soft opening pada bulan Oktober mendatang.

Museum Song Terus masih berada di kawasan situs Goa Tabuhan, lebih tepatnya bersebrangan dengan Goa Song Terus yang juga merupakan situs kawasan pra sejarah yang terkenal di Pacitan.

Untuk mencapai Museum Song Terus diperlukan waktu sekitar 45 menit dari Kota Pacitan dengan mengendarai sepeda motor.

Bidang Humas dan Pemasaran Museum Song Terus, Novia saat ditemui pada Jumat (12/8/2022) mengatakan museum ini didirikan mulai tahun 2016 sampai akhir tahun 2019.

Novia mengatakan pentingnya kekayaan pra sejarah di Gunung Sewu melatarbelakangi pendirian museum ini. Meliputi batu-batuan, alat-alat pra sejarah dan fosil-fosil pra sejarah.

Di dalam museum ini, imbuh Novia, menghadirkan temuan-temuan pra sejarah khususnya Pacitanian dengan mengusung konsep modern minimalis yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

“Hasil desainnya adalah hasil sayembara dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bekerjasama dengan Kemendikbud dan pemenangya kebetulan CV- nya Pak Ridwan Kamil,”kata Novia.

Novia mengatakan, desain bangunan Museum Song Terus terdiri dari tiga lantai. Lantai bawah tanah (underground) berisi ruang penelitian, ruang pengelolaan koleksi, ruang rapat dan kantor. Sedangkan di lantai dasar meliputi VIP room, cafetaria dan ruang pameran temporary.

Sementara di bagian lantai atas terdiri dari ruang audio visual, auditorium, dan gudang. Museum mini juga dilengkapi perpustakaan yang berisi buku-buku sejarah.

Sebagai informasi, Pacitan memiliki sejarah yang panjang, terutama di bidang pra sejarah Pacitan sangat terkenal dengan temuan alat-alat batu Pacitanian nya dikalangan peneliti luar negeri.

Asisten Edukator Museum Song Terus, Anjar dengan berdirinya Museum Song Terus. warga bisa lebih mengenal sejarah Pacitan lewat museum modern ini.

Untuk harga tiket masuk sendiri, dia mengatakan hal itu masih menunggu keputusan dari Kemendikbud RI.

Dia juga mengharapkan jika sudah dibuka, museum Song Terus menjadi alternatif pilihan tempat wisata di Pacitan, selain goa dan Pantai.

“Disini museumnya bertarget museum internasional, mungkin bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata selain goa dan Pantai di Pacitan,”katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.