Komunitas Pelukis Pacitan Gelar Pameran Lukisan dengan Tema “Merdeka Itu?”

oleh -Dibaca 1.031 kali
Pameran lukisan yang digelar tgl 30 Juli 2022 hingga 7 agustus 2022 ini bertempat di gedung akademi komunitas negeri Pacitan (AKN), terbuka untuk umum dan gratis. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Poster digital berwarna dasar merah beredar luas di media sosial ataupun group group WhatsApp.

Sudah hampir tiga minggu lebih poster itu menghiasi setiap beranda media sosial yang ada dan cukup menyita perhafian, karena didalamnya berisi tulisan “Merdeka Itu?.”

Poster warna merah itu adalah iklan pameran lukisan yang digelar oleh lebih dari 20 pelukis berasal dari Pacitan dan luar daerah seperti solo, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek.

Tagline pameran “merdeka Itu ?” adalah bahasa ungkap paradoksal tentang makna dari idiom  merdeka, yang bukan hanya kata  benda namun juga kata sifat dan kata kerja. Mengajak masyarakat berpikir, merasa, dan berbuat bahwa merdeka adalah karya.

“‘Merdeka itu?’ Luas sih dan tanpa sadar kita apakah sudah berada pada idiom merdeka itu. Dan lewat karya lukis ini lah ungkapan merdeka itu twr sampaikan,”kata Triyono , panitia dan peserta pameran lukisan, Rabu (3/8/2022).

Pameran lukisan yang digelar tangl 30 Juli 2022 hingga 7 Agustus 2022 ini bertempat di gedung akademi komunitas negeri Pacitan (AKN), terbuka untuk umum dan gratis.

Selain sebagai media apresiasi dan karya, pameran ini juga menarik untuk dijadikan bahan analisa kajian seni rupa.

Seperti yang di lakukan oleh sejumlah sekolah kejuruan yang mendorong dan menugaskan siswanya untuk datang dan membuat resume analisa seni rupa.

“Kami menugaskan siswa untuk datang ke pameran .untuk membuat resume kajian seni rupa . Dan juga untuk memberikan pengalaman bahwa lukisan adalah juga sebagai media pengungkapan kebebasan berpikir,”jelas idayati, guru SMKN 3 Pacitan.

Pemeran yang dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 ini cukup menjadi bahan apresiasi masyarakat unum, terbukti dari  ranainya pengunjung yang hadir dari berbagai golongan dan tingkat pendidikan.