Jelang Ramadhan, Ratusan Relawan Serbu Pasar Minulyo Pacitan

oleh -0 Dilihat
Ratusan relawan dari berbagai komunitas berkumpul dihalaman parkir pasar minulyo Pacitan dengan membawa karung dan sapu. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemandangan tidak biasa muncul pada Jumat (1/4/2022). Ratusan relawan dari berbagai komunitas berkumpul dihalaman parkir pasar minulyo Pacitan dengan membawa karung dan sapu.

Sedikitnya ada sekitar 100 relawan dari dinas perdagangan tenaga kerja Pacitan, dinas lingkungan hidup, bank BRI unit, komporsium Sego berkat, trashhero, karang taruna, dan paguyuban pedagang pasar, lakukan gerakan gruduk bersih sampah.

Menurut Ketua Paguyuban pedagang Pasar Minulyo, kegiatan tersebut adalah kali pertama dilakukan sebagai sarana silahturahmi dan usaha menjaga pasar agar tetap bersih.

Ketua Paguyuban pedagang Pasar Minulyo Nanang Anshori mengatakan ini adalah kegiatan grebek bersih pasar pertama kali.

“Jika selama ini relawan sering melakukan giat bersih bersih sampah di daerah wisata pantai, kali ini kami coba di pasar induk . Ditambah juga dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan. Karena diakui atau tidak pasar adalah juga penghasil sampah yang besar tiap harinya,”jelasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, kepala dinas perdagangan dan Tenaga Kerja Pacitan Sunaryo mengapresiasi kegiatan bersih pasar sebagai sarana menjalin silaturahmi antar pedagang dan masyarakat umum.

“Luar biasa acara pagi ini. Sejalan dengan gambaran program kami, bahwa pasar minulyo nantinya juga akan kami bawa menjadi pasar wisata. Untuk mewujudkan itu dimulai dari bersama berbenah diri bersih bersih,”kata Sunaryo.

Sunaryo berharap, kegiatan gerebek bersih sampah ini bisa menjadi rutin nantinya.

“Sampah memang menjadi perhatian dari kami . Pemilahan sampah organik dan organik sangat penting .karena sampah anorganik yang dipilah bisa diolah menjad barang yang bermanfaat,”pungkas perwakilan anggota Trash Hero Pacitan.