Ketua KPU Pacitan: Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Tahun Ini

oleh -Dibaca 4.368 kali
Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Sulis Styorini menyebut pada tahun 2022 ini tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 akan dimulai tahun 2022 ini.

Perempuan yang akrab disapa Rini ini mengatakan jika tahapan Pemilu diusulkan KPU RI tahun ini dan akan diputuskan maksimal akhir Januari 2022.

“KPU Daerah belum tau kapan tahapan dimulai akan tetapi rancangan dan sebagainya sudah ada. DPR RI menargetkan hari pemungutan suara dan tahapannya akan diputuskan pakan ini sampai pekan keempat bulan Januari 2022,”kata Rini, Selasa (18/1/2022) di Pacitan.

Lebih lanjut, Rini mengatakan jika berdasar pada rancangan KPU RI, masa tahapan ditarik mundur 24 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Tahapan pemilu dari tanggal hari pencoblosan akan di tarik mundur minimal 24 bulan sebelumnya. Tahapan yang pertama perencanaan program, verifikasi partai politik akan di lakukan di tahun ini,”jelasnya.

Selain itu, kata Rini, penguatan kelembagaan internal dan peningkatan angka partisipasi menjadi poin penting saat ini di KPU Pacitan. “Jadi kita mulai berbenah, mulai penguatan kelembagaan maupun bimbingan teknis (Bimtek) terkait persiapan Pemilu serentak 2024,”ujar dia.

Terkait tantangan yang dihadapi, Rini mengungkapkan salah satunya adalah meningkatkan angka partisipasi pemilih.“Kita terus genjot guna mencapai target tersebut. Termasuk pada pemilih pemula,”kata Rini.

Untuk itu, kata Rini, KPU menargetkan anggaran tahapan akan di anggarkan mulai tahun ini melalui perubahan anggaran.“Dan tentunya itu untuk penguatan kelembagaan dan proses tahapan-tahapan pemilu,”pungkasnya.