Empat Bulan, Honor Tim Pemakaman Jenazah Pasien COVID-19 di Pacitan Belum Cair

oleh -Dibaca 1.318 kali
ILUSTRASI. Petugas pemakaman saat menjalankan prosesi pemakaman pasien COVID-19 pada Jumat (9/1/2021).(Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN –  Memprihatinkan, tim pemakaman jenasah dengan COVID-19 desa terpaksa harus gigit jari. Pasalnya honor yang dijanjikan dari Dinas Kesehatan sampai dengan saat ini belum juga cair.

Seperti yang terjadi dengan tim pemakaman Desa Donorojo kecamatan Donorojo. Terhitung dari enam kegiatan pemakaman, sejak Juli sampai saat ini belum juga cair.

“Kami telah setorkan data tim lengkap dengan tanda tangan dan nomor rekening Bank Jatim. Namun belum ada satupun yang cair,”kata salah satu tim pemakaman dari Desa Donorojo, berinisial RD, Kamis (2/9/2021).

Hal serupa juga dialami oleh tim pemakaman Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Terhitung 29 kegiatan pemakaman dari bulan April, hanya beberapa yang cair.

“Ada 29 pemakaman dari April kemarin. Honor baru cair 5 kali. Sementara kami sudah dimintai tanda tangan lengkap,”kata RZ, salah satu anggota tim pemakaman Sidoharjo, Pacitan.

Bukti pembayaran honor tim pemakaman. (Foto: IST/Julian Tondo)

Pekerjaan yang cukup beresiko ini ternyata tidak sebanding dengan lancarnya pencairan honor.

“Tidak semua orang mau melakukan pemakaman jenazah dengan COVID-19. Kami disuruh tanda tangan lengkap dengan jumlah nominal per orang Rp 300 ribu, tapi ya itu belum cair. Kalau memang tidak ada honor, sebenarnya kami iklhlas membantu, tapi ini sudah disuruh tanda tangan,”imbuh RZ kepada pewarta.

Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, kejadian ini juga menimpa tim di bebepa desa wilayah kabupaten Pacitan. Hingga berita ini ditulis, belum ada penjelasan resmi dari dinas terkait.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan