Heboh Ikan Besar Hiu Paus tak Sengaja Terjaring Nelayan di Perairan Selatan Pacitan

oleh -Dibaca 15.272 kali
HIU PAUS TERJARING. Dua nelayan sedang sibuk melepaskan ikan berukuran besar, yang tidak sengaja terjaring. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Seekor ikan berukuran besar yang diduga adalah hiu paus (Whale Sark) atau Rhincodon typus tak sengaja terjaring milik jaring nelayan di perairan selatan Pacitan pada Sabtu (21/8/2021) sore.

Dalam video yang dilihat Pacitanku.com, terlihat dua nelayan sedang sibuk melepaskan ikan berukuran besar, yang tidak sengaja terjaring. Dua orang nelayan dengan bantuan pelampung ban berusaha melepaskan badan ikan besar tersebut dari tersangkutnya di jaring milik nelayan.

Adapun lokasi tersebut diperkirakan di laut lepas selatan pulau jawa, tepatnya di Kabupaten Pacitan.

Kabid Perikanan tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan Bambang Marhaendrawan membenarkan peristiwa terjaringnya ikan jenis hiu paus oleh nelayan di perairan Pacitan tersebut.

“Iya (benar) mas (wartawan), karena selatan Pacitan salah satu ruaya atau jalur migrasi atau jalur mencari makan ikan tersebut, saat itu lagi musim teri, sehingga sangat logis ikan besar itu sedang cari makan,”kata Bambang saat dikonfirmasi, Ahad (22/8/2021).

Lebih lanjut, Bambang mengatakan ikan jenis hiu paus dengan nama latin Rhincodon typus adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar.

“Cucut ini mendapatkan namanya karena ukuran tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus,”tandasnya.

Menurutnya, peristiwa munculnya hiu paus dan sempat terjaring kemudian dilepaskan oleh nelayan di perairan Pacitan itu menunjukkan rantai makanan masih normal, mulai dari yang terkecil sampai predator puncak atau baik.

“Di sisi lain juga ada kearifan lokal, (yakni) penyebutan ‘mbah’ pada ikan tersebut (oleh nelayan) dan berusaha mengindari atau tidak menangkap, membunuh atau melukai, sebab ikan tersebut sangat dilindungi,”pungkasnya.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Heboh Ikan Besar Hiu Paus tak Sengaja Terjaring Nelayan di Perairan Selatan Pacitan