Audiensi dengan Bupati, Pemuda-Mahasiswa Singgung Keterbukaan Informasi dan Edukasi COVID-19

oleh -Dibaca 621 kali
AUDIENSI. Sejumlah pemuda-mahasiswa saat audiensi dengan Bupati pada Jumat (30/7/2021). (Foto: Dok Petupa untuk Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah mahasiswa dan elemen pemuda yang tergabung dalam sejumlah organisasi mendatangi Pendopo Kabupaten Pacitan untuk audiensi dengan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada Jumat (30/7/2021).

Para peserta audiensi tersebut adalah dari Pemuda untuk Pacitan (Petupa), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Aliansi Mahasiswa Pacitan (ALMAPA).

Dalam audiensi itu, turut hadir mendampingi Bupati adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Heru Wiwoho, Kepala Dinas Sosial Sunaryo, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DInas Kesehatan Hendra Purwaka, dana Direktur RSUD dr Darsono Pacitan Iman Darmawan.

“Maksud dan tujuan kami datang kesini bukanlah ingin menolak pemberlakuan PPKM. Namun tidak lain dan tidak bukan adalah ingin mengetahui evaluasi dari kebijakan PPKM yang selama ini dijadikan solusi dalam penanganan COVID-19,”kata mahasiswa dari GMNI, M Tonis Dzikrulah.

Sementara, Ketua Petupa Pacitan Irvan Bayu dalam keterangannya mengatakan sejumlah poin-poin yang disuarakan dalam audiensi tersebut diantaranya adalah evaluasi gugus tugas, transparansi dana terkait penanganan COVID-19 dan kehadiran pemerintah dalam menjamin kehidupan sosial saat PPKM.

“Di satu sisi terdapat masalah komunikasi yang selama ini terjadi dalam penanganan pandemi. Keterbukaan informasi dan penyebarluasan edukasi terkait COVID-19 dari Pemerintah sendiri sangat kurang, bahkan hampir kami tidak mengetahuinya,”kata Irvan, dalam keterangan tertulis yang diterima Pacitanku.com.

Menurut Irvan, hal itu dapat mengikis kepercayaan masyarakat  kepada otoritas kesehatan dan pemerintah.

“Jika memang Pemerintah terdapat kendala dalam penyebarluasan informasi serta edukasi, biar kami saja yang berusaha untuk menyebarkannya,”pungkasnya.

Usai melakukan audiensi, elemenpemuda tersebut berencana melanjutkan kegiatan audiensi dengan Pemkab Pacitan pada Senin (2/8/2021) mendatang. (red/DP)