Bupati Pacitan Minta Pelayanan Puskesmas untuk Masyarakat Ditingkatkan

oleh -10276 views
PERTEMUAN DENGAN PUSKESMAS. Bupati Aji didampingi Plt Kadinkes T Hendra Purwaka usai pertemuan dengan Puskesmas di Pacitan, Kamis kemarin. (Foto: Screenshoot Youtube Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menggelar pertemuan dengan seluruh Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Pacitan pada Kamis (20/5/2021) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati yang akrab disapa Aji ini menyebut sejumlah hal menjadi masukan dalam pembangunan Pacitan di sektor kesehatan.

“Tadi, silaturahmi yang pertama, yang kedua serap aspirasi khususnya kepada kepala Puskesmas di 24 Puskesmas di Pacitan, kami dapat banyak masukan dari sana, mudah-mudahan nantinya masukan tersebut bisa kami formulasikan sehingga membangun kesejahteraan khususnya dalam hal kesehatan untuk masyarakat Pacitan,”kata Bupati Aji, seperti dikutip dari laman Youtube Pemkab Pacitan pada Jumat (21/5/2021).

Dalam pertemuan itu, Bupati Aji menyebut sejumlah pokok persoalan dibahas, seperti penanganan COVID-19 di Pacitan hingga vaksinasi untuk guru.

Dalam pertemuan itu, Bupati Aji meminta Puskesmas untuk segera menuntaskan program vaksinasi terutama bagi guru dan tenaga pendidikan jelang pembelajaran tatap muka Juli mendatang.

Dia berharap vaksinasi bagi guru segera tuntas karena hal itu sebagai salah satu syarat pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) yang direncanakan mulai Juli mendatang.“Yang paling penting tetap COVID-19, tetap vaksinasi tuntas khususnya kepada guru,”ujarnya.

Data yang diperoleh, dari total 5 ribu guru di Pacitan, saat ini baru tercapai sekitar 50 persen vaksinasi untuk guru. Namun demikian Pemkab melalui Dinkes akan berupaya menuntaskan vaksinasi 100 persen untuk guru sesuai dengan wilayah Puskesmas di 12 Kecamatan.

Dalam kegiatan pertemuan itu, Bupati Aji juga meminta pelayanan Puskesmas ditingkatkan. Mantan Ketua DPRD ini berharap masyarakat mudah mengakses layanan Puskesmas.

Tidak hanya itu, Menurut Bupati Aji, dengan upaya preventif dan promotive, Puskesmas dapat mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan kesehatan. “Puskesmas pelayannanya yang perlu ditingkatkan,”pungkasnya. (red)