Merasakan Sensasi Sunrise di Gunung Pulosari Kebonagung

oleh -Dibaca 361 kali
Gunung Pulosari saat sunrise atau matahari terbit. (Foto: Naima)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Dikenal sebagai kota 1001 Goa, Pacitan menawarkan berbagai keindahan alamnya yang sampai saat ini masih terjaga keasriannya dan memiliki pesona yang sangat memanjakan mata.

Salah satunya adalah Gunung Pulosari yang menyajikan spot untuk menikmati keindahan matahari terbit yang berada di Dusun Salam, Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung.

Gunung Pulosari sendiri aslinya merupakan sebuah bukit yang masih banyak orang tidak tahu keberadaan gunung ini. Masyarakat menyebutnya gunung Pulosari karena gunung ini berada di lingkungan Pulosari, Dusun Salam, Desa Klesem.

Gunung Pulosari menyajikan udara sejuk nan dingin, tak lupa gunung Pulosari juga menyajikan spot untuk menikmati pesona matahari terbit yang tak kalah elok dengan spot lainnya. Keindahan golden sunrise ditambah dengan langit yang cerah sangat memanjakan mata.

“Sambil menunggu sunrise, bisa menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat asri. Udaranya sejuk dan suasananya tenang. Cocok untuk menenangkan pikiran,”ungkap Khusnul, salah satu warga sekitar yang juga baru pertama kali naik ke puncak gunung Pulosari, Rabu (21/4/2021).

Semburat jingga bercampur warna emas diikuti objek yang melawan matahari menjadikan pesona golden sunrise dan siluet objek yang mengikutinya terpampang dengan sangat apik dipandang. Suguhan ini tentunya bebas biaya atau gratis.

Karena belum banyak orang mendatangi gunung Pulosari ini, jika beruntung pengunjung akan disuguhkan pemandangan luar dan ketenangan serasa tamu VVIP.

Perjalanannya sendiri dari dataran menuju punyaknya hanya memakan waktu kurang lebih 15-20 menit, sedangkan waktu yang tepat untuk menikmati matahari terbit disini adalah mulai jam 5 pagi.

Dan untuk pengunjung yang berminat menikmati matahari terbit disini perjalanan dari pusat kota Pacitan ke Gunung Pulosari hanya memakan waktu kurang lebih 25-30 menit.

Selain untuk menikmati matahari terbit, Gunung Pulosari juga menawarkan pemandangan yang memukau, seperti perumahan, jalanan khas pedesaan,  perbukitan seperti gunung Lima dan gunung Lanang yang ada di Pangasan, dan pantai yang dapat dilihat dari puncak gunung Pulosari ini.

Kontributor: Isma Naimawati (Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan)
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.